Selasa, 13 Februari 2018 16:12 WITA

Minum Kopi Dapat Perparah Nyeri haid

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Minum Kopi Dapat Perparah Nyeri haid

RAKYATKU.COM - Kebanyakan wanita tidak menjadikan menstruasi atau haid untuk menikmati kopi. Bahkan, ada yang bilang jika meminum kopi akan membantu gejala PMS yang menyebalkan.

Faktanya, meskipun minum kopi saat haid mungkin tidak masalah asalkan secukupnya, tetapi kopi mengandung kafein yang cukup tinggi, yang bisa mempengaruhi kondisi tubuh wanita saat menstruasi. Apalagi jika Anda termasuk orang yang sensitif terhadap kopi.

Salah saru resiko efek meminum kopi saat haid adalah memperpatah nyeri haid. Hal ini karena kafein bekerja menyempitkan pembuluh yang menyebabkan aliran darah di sekujur tubuh jadi tidak lancar. 

Kurangnya aliran darah ke otot rahim perut akan memotong suplai oksigen yang bisa menyebabkan rasa sakit dan kram perut semakin parah. 

Selain itu, asupan darah beroksigen yang menuju otak juga ikut berkurang. Hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami sakit kepala yang lebih parah.

Selain itu, alih-alih meredakan PMS, minum kopi saat haid justru akan memengaruhi mood dan bisa bikin Anda lebih cemas. Hal ini bahkan telah dibuktikan dalam penelitian yang dimuat pada Journal of Women’s Health yang mengungkapkan bahwa wanita yang sering minum kopi saat menstruasi cenderung punya mood yang buruk dan lebih gampang cemas.

Perlu dipahami, perempuan sebenarnya disarankan untuk mengurangi asupan minuman berkafein selama sedang datang bulan. Sebagai ganti secangkir kopi Anda, perbanyaklah minum air putih atau minuman elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.