Selasa, 13 Februari 2018 03:00 WITA

Begini Cara Cuci Muka yang Benar

Editor: Aswad Syam
Begini Cara Cuci Muka yang Benar

RAKYATKU.COM - Sebelum tidur, mungkin wajah Anda masih berbalut make up. Cuci dengan benar. Berikut langkah-langkah yang efektif untuk membersihkan makeup sebelum tidur:

1. Cucilah tangan Anda sebelum membersihkan wajah, memakai riasan, atau menyentuh wajah Anda. Jika tangan Anda kotor, bakteri atau debu bisa saja menempel di kulit Anda.

2. Gunakan pembersih make up khusus untuk setiap riasan tertentu. Misalnya pembersih make up mata dan lipstik (dua area yang biasanya bandel untuk dibersihkan), dan pembersih make up biasa untuk bagian wajah lainnya.

3. Setelahnya, keringkan dan coba usap dengan kapas bersih. Jika masih ada sisa-sisa yang terlihat di kapas, tandanya belum bersih. Anda bisa menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya toner pembersih, micellar water, cleansing balm, milk cleanser, atau cleansing oil.

4. Cuci muka dengan sabun wajah Anda seperti biasanya. Cuci wajah dengan gerakan tangan memutar hingga Anda merasa makeup telah terbilas semua. Anda juga dapat menggunakan spons untuk wajah ataupun kapas untuk mengelap sisa pembersih dari wajah.

5. Bilas wajah dengan air dingin. Mencuci wajah dengan air dingin dapat menutup pori-pori yang terbuka dan meningkatkan sirkulasi. Jangan pelit-pelit saat membilas wajah. Benar-benar pastikan sisa residu make up dan sabun tersapu bersih. Jika ragu, bilas wajah sekali lagi dengan tangkupan kedua tangan Anda.

6. Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah ringan menggunakan handuk, atau mengusapnya halus. Jangan menggosoknya.

7. Setelah cuci muka, lanjutkan dengan rejime skincare malam Anda seperti biasa. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembap.

8. Bila Anda cukup malas beranjak dari tempat tidur hanya untuk cuci muka, selalu siap sedia tisu basah khusus untuk menghapus make up atau sediakan kapas dan pembersih wajah di samping tempat tidur Anda. Anda bisa membersihkan maskara yang menempel Anda di atas tempat tidur. Mudah, bukan?

Berita Terkait