Selasa, 13 Februari 2018 02:00 WITA

Ini Alasannya Kenapa Tak Boleh Tidur Pakai Makeup

Editor: Aswad Syam
Ini Alasannya Kenapa Tak Boleh Tidur Pakai Makeup

RAKYATKU.COM - Apa Anda termasuk orang yang suka (sengaja atau tidak) tidur pakai makeup? Sengaja atau tidak, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan buruk ini. Jika tidak, kulit wajah Andalah yang menanggung akibatnya dalam jangka waktu panjang. 

Dilansir dari Halo Sehat, tidur pakai makeup yang masih menempel membuat kulit wajah sulit bernapas. Dr. Samer Jaber, MD dari Washington Square Dermatology di New York, kebiasaan tidur pakai makeup sama saja membuat wajah sebagai ladang gembur untuk pertumbuhan komedo dan jerawat membandel. Pasalnya, makeup yang masih menempel akan lengket bercampur dengan debu dan polusi dari luar, keringat, hingga minyak di wajah sehingga menyumbat pori-pori. 

Tidur di malam hari, bukan hanya untuk mengistirahatkan organ tubuh saja, kulit pun ikut beristirahat. Kulit membutuhkan waktu tidur untuk memperbaiki dan memperbarui sel-sel setelah terpapar berbagai radikal bebas. Bila Anda membiarkan wajah masih dipenuhi makeup saat tidur, artinya Anda mencegah proses regenerasi kulit wajah tersebut.

Radikal bebas dari lingkungan sekitar yang terperangkap di wajah dapat memecah kolagen yang berperan penting untuk mengencangkan kulit. Akibatnya, lama kelamaan akan muncul garis-garis halus di wajah dan semakin dipertegas menjadi keriput. Jadi, tidur pakai makeup hanya akan memperbesar peluang kulit Anda mengalami kerusakan dan penuaan dini, yang efeknya cukup sulit untuk diputarbalikkan.

Tidur dengan wajah masih beralas makeup juga rentan membuat kulit kering dan iritasi. Sebagai contoh, kebiasaan meninggalkan maskara selama tidur akan menyumbat folikel bulu mata dan memicu iritasi (blefaritis). Partikel maskara dan eyeliner yang rontok masuk ke mata selama tidur juga akan rentan memicu iritasi mata merah (konjungtivitis).

Berita Terkait