Senin, 12 Februari 2018 17:34 WITA

Dengar Musik Dapat Atasi Badan Lemas

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Dengar Musik Dapat Atasi Badan Lemas

RAKYATKU.COM - Sering kali terlihat orang memakai headset dan mendengarkan musik saat olahraga pagi, ataupun dalam perjalanan ke kantor.

Hal ini merupakan sesuatu yang lumrah, karena ternyata mendengarkan musik bisa menjadi cara yang ampuh untuk atasi badan lemas di pagi hari, guna memulai aktivitas seharian.

Dirangkum dari Klik Dokter, Musik telah terbukti dapat meningkatan fungsi memori, membantu penyembuhan terhadap suatu penyakit serta membantu tubuh Anda merasa lebih relaks. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik dapat memperbaiki kesehatan dan kinerja manusia.

Diantaranya, Harvard Health Publishing, yang menjelaskan, masuknya musik ke telinga Anda dalam bentuk gelombang suara akan dikumpulkan pada kanal telinga tengah dan disalurkan ke gendang telinga dan menimbulkan getaran hingga mencapai tulang ketiga dan terhubung ke koklea.

Sementara Seorang ahli saraf, dr Oliver Sacks menyatakan, musik memiliki banyak aspek terhadap kesehatan melalui otak, mulai dari memori dan mood sampai fungsi kardiovaskular dan performa atletik seseorang.

Tak hanya itu, David M Greenberg, seorang psikolog di University of Cambridge, Inggris, bahkan menciptakan daftar lagu khusus yang dirancang secara ilmiah untuk memulai pagi hari yang lebih bersemangat. 

Sementara itu, dr Nitish Basant Adnani, dari Klik Dokter mengatakan, melodi yang disukai diyakini dapat meningkatkan produksi hormon dopamine. Hormon ini berperan dalam pusat kenikmatan otak. 
“Dengan meningkatnya kadar dopamine, mood juga akan ikut meningkat,” jelasnya.

Menurut Science of People, mendengarkan musik melepaskan endorfin di otak. Endorfin memberi Anda perasaan gembira yang tinggi. Selain itu, dengan mendengarkan musik kecemasan dapat teratasi dan rasa sakit di tubuh dapat berkurang, karena sistem kekebalan tubuh menjadi lebih stabil.

Kadar endorfin tinggi dapat membantu ritme dan sinyal ke otak saat tubuh harus bergerak. Sinyal ini membantu Anda untuk menggunakan energi secara lebih efisien, sehingga mendengarkan musik tidak cepat membuat tubuh lelah.

Jadi, mendengarkan musik memang terbukti dapat membantu Anda atasi badan lemas. Namun dr Nitish berpesan, untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda harus memilih musik yang Anda sukai.