Senin, 12 Februari 2018 05:30 WITA

Ini 4 Kejadian Aneh Saat Tidur dan Penyebabnya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini 4 Kejadian Aneh Saat Tidur dan Penyebabnya
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Saat tidur, pasti ada saja kejadian aneh yang datang, mulai dari ketindihan hingga mengigau. Ternyata, kejadian aneh saat tidur ada penyebabnya.

1. Ketindihan

Saat ketindihan, tubuh tidak bisa digerakkan. Kita juga sering merasa ada seseorang di sekitar kita. Menurut beberapa orang, ketindihan disebabkan makhluk gaib.

Padahal, ketindihan terjadi karna otak sadar lebih dulu dari tidur. Namun, tubuh kita masih lumpuh, sehingga tidak bisa digerakkan. Bayangan orang biasanya disebabkan oleh halusinasi kita sendiri.

2. Halusinasi Hipnagogik

Beberapa orang suka melihat sesuatu yang aneh di depan matanya saat akan tidur. Sesuatu yang aneh itu biasanya berupa makhluk menyeramkan.

Ternyata, kemunculan makhluk aneh itu hanya halusinasi biasa. Halusinasi ini biasanya disebabkan oleh stres atau halusinasi kita. Kejadian aneh ini paling banyak dialami oleh anak-anak seperti kita.

3. Tidur Berjalan

Berjalan sambil tidur merupakan salah satu kejadian aneh yang bisa menimpa kita saat tidur. Dilansir laman Bobo, kejadian aneh ini disebabkan oleh otak yang tertidur, namun otot tidak tertidur.

Berjalan sambil tidur cukup berbahaya, karena kita bisa berjalan ke tempat yang cukup jauh, tanpa mengingat apapun.

4. Jatuh

Teman-teman pasti pernah mengalami kejadian aneh, seperti tersandung atau jatuh dari tempat tinggi. Saat mengalami kejadian ini, tubuh akan terkejut dan kita akan bangun sebentar, lalu tidur lagi.

Saat tidur, detak jantung, pernapasan, dan otot kita melemah. Kejadian ini membuat otak takut, sehingga otak pun mengirimkan dorongan ke otot tubuh kita. Dorongan otak inilah yang membuat tubuh kita terkejut dan bangun sesaat.