Minggu, 11 Februari 2018 16:22 WITA

8 Kebiasaan Sehari-hari yang Menyebabkan Mata Panda

Editor: Suriawati
8 Kebiasaan Sehari-hari yang Menyebabkan Mata Panda
INT

RAKYATKU.COM - Lingkaran hitam di bawah mata membuat kulit seseorang tampak kusam dan tak bernyawa. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti perubahan hormonal, masalah kesehatan, diet tidak seimbang, dan lain-lain.

Namun, selain alasan di atas, lingkaran hitam juga bisa disebabkan oleh kebiasaan kita sendiri. Mulai dari pengaruh tidur hingga cara menghapus make up Anda, semua itu bisa mempengaruhi kondisi kulit di bawah mata Anda.

Berikut beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan mata panda:

1. Kurang tidur
Kurang tidur mengakibatkan sirkulasi darah lebih lambat, yang pada akhirnya menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata Anda.

2. Tidak menghapus riasan mata
Tidak menghilangkan riasan mata dengan benar sebelum tidur dapat menyebabkan kulit di bawah mata semakin gelap.

3. Dehidrasi
Beberapa penelitian menemukan bahwa ada hubungan antara dehidrasi dan lingkaran hitam. Dehidrasi diketahui membuat lingkaran hitam lebih jelas dan juga membuat kulit di sekitar mata tampak kering dan kasar.

4. Menggosok mata
Terlalu sering menggosok mata bisa merusak kulit di bawah mata Anda dan menyebabkan perubahan warna. Karena kulit halus di bawah mata Anda rentan terhadap kerusakan, menggosoknya bisa menyebabkan reaksi inflamasi dan menyebabkan kulit menjadi gelap.

5. Paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari langsung dapat mempengaruhi keadaan kulit bawah mata Anda yang lembut. Hal ini dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan tanda penuaan dini. Untuk mencegah hal itu terjadi, oleskan tabir surya di bawah mata Anda untuk memastikannya terlindungi dari sinar matahari.

6. Cuci muka dengan air panas
Kulit di sekitar mata sangat sensitif, sehingga mencucinya dengan air panas bisa menyebabkan pigmentasi.

7. Cara menghapus makeup
Menghapus makeupa menggunakan bahan keras juga dapat menyebabkan kerusakan kulit di bawah mata. Cara terbaik adalah menggunakan makeup removal dengan lembut.

8. Tidur tengkurap
Posisi tidur ini dapat menyebabkan retensi cairan di bawah mata, sehingga menyebabkan lingkaran gelap. Jadi, untuk menghindarinya, cobalah tidur miring ke kiri untuk meningkatkan sirkulasi darah.