Minggu, 11 Februari 2018 08:16 WITA

Penyebab Lidah Terasa Pahit Saat Demam

Editor: Adil Patawai Anar
Penyebab Lidah Terasa Pahit Saat Demam

RAKYATKU.COM – Salah satu penyakit yang cukup merepotkan adalah demam. Tak hanya membuat suhu tubuh naik, demam juga bisa membuat badan menjadi lemas, sakit kepala, lesu, selalu mengantuk, hingga menurunkan nafsu makan dengan signifikan. Biasanya, penurunan nafsu makan ini disebabkan oleh lidah yang terasa pahit. Sebenarnya, apa sih penyebab sensasi pahit ini?

Pakar kesehatan menyebut lidah yang terasa pahit ini sebagai respons tubuh pada adanya peradangan. Saat demam, tubuh akan melepaskan zat kimia bernama sitokin yang melawan berbagai peradangan tersebut. Hal inilah yang menyebabkan sensasi pahit pada lidah dan berbagai keluhan demam lainnya.

Sitokin yang menyebabkan rasa pahit pada lidah saat demam adalah sitokin TNF alpha. Sitokin ini menstimulasi sel-sel lidah untuk menghasilkan sensasi pahit dan menyamarkan rasa makanan yang sebenarnya sehingga berbagai makanan yang kita konsumsi rasanya seperti hambar. Namun, ada pula pendapat lain yang menyebutkan bahwa sitokin TNF alpha mempengaruhi sel otak dalam mengartikan rasa pada makanan yang kita konsumsi sehingga rasanya pun menjadi hambar atau cenderung pahit.

Meskipun bisa menurunkan nafsu makan dengan signifikan, pakar kesehatan menyebutkan hal ini sebagai sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Seiring dengan membaiknya kondisi tubuh, maka jumlah sitokin TNF alpha di dalam tubuh ikut menurun dan sensasi pahit akan menghilang dengan sendirinya. Hanya saja, saat lidah terasa pahit, ada baiknya kita tetap menjaga asupan makanan bergizi dan tidak terpengaruh dengan kondisi lidah tersebut agar tubuh bisa cepat sembuh.