Sabtu, 10 Februari 2018 15:16 WITA

Fakta Tentang Pil Kontrasepsi yang Perlu Anda Tahu!

Editor: Suriawati
Fakta Tentang Pil Kontrasepsi yang Perlu Anda Tahu!
INT

RAKYATKU.COM - Pil kontrasepsi atau KB adalah obat yang dikonsumsi wanita yang aktif secara seksual untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan.

Obat ini bekerja dengan menekan proses ovulasi dengan jumlah estrogen atau progestin, untuk menipu tubuh bahwa si wanita sudah hamil. Namun, karena obat-obat ini bekerja dengan hormon tubuh kita, sehingga memiliki efek negatif ada beberapa hal maka sangat berbahaya untuk mengobati sendiri, karena ada banyak kemungkinan terjadi kesalahan.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pil kontrasepsi:

1. Jenis pil kontrasepsi
Ada banyak jenis pil kontrasepsi, dan disesuaikan dengan kondisi tubuh tiap-tiap orang. Tidak disarankan untuk asal memilih karena bisa menyebabkan efek negatif bagi Anda. Oleh karena itu, lebih baik mengunjungi dokter dan meminta resep pil yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

2. Keefektifan
Pil kontrasepsi bisa bekerja hingga 99 persen. Tapi agar itu bisa bekerja dengan baik, Anda harus mengikuti aturannya dengan ketat. Pil ini perlu diminum secara teratur, setiap hari, dan juga pada waktu yang sama.

3. Tidak mencegah penularan virus
Meskipun bisa mencegah kemungkinan kehamilan, obat ini tidak memberikan perlindungan terhadap penyakit menular seksual, seperti herpes atau AIDS.

4. Mengatur sirkulasi haid
Pil ini mengatur siklus menstruasi bulanan wanita. Jika Anda ingin melakukan hal penting dan tidak ingin terganggu dengan haid, Anda bisa melanjutkan minum pil selama beberapa hari setelah siklus 21 hari.

5. Mengobati penyakit lain
Pil kontrasepsi telah digunakan untuk mengobati banyak kondisi medis lainnya pada wanita, seperti ovarium polikistik, endometriosis dan jerawat. Mereka bahkan bisa mengobati kondisi tertentu yang berkaitan dengan kesuburan.

6. Menyebabkan berbagai efek samping
Efek samping yang umumnya terkait dengan pil ini meliputi flek, mual, muntah, nyeri payudara dan bahkan migrain. Ini juga bisa mempengaruhi berat badan.

7. Setelah berhenti minum pil
Anda mungkin akan tetap tidak subur selama beberapa saat setelah berhenti minum pil ini. Tubuh Anda akan membutuhkan beberapa waktu untuk kembali ke siklus normalnya. Ini mungkin memakan waktu hingga beberapa minggu bahkan bulan, tergantung pada tubuh Anda.

8. Tidak menyebabkan kanker payudara
Banyak rumor yang mengatakan bahwa pil ini dapat menyebabkan kanker payudara. Padahal itu hanya mitos, dan tidak akan menyebabkan bahaya besar selama itu dikonsumsi sesuai resep dokter.