Sabtu, 10 Februari 2018 12:40 WITA

Fidget Spinners Bisa Berbahaya Bagi Anak Kecil

Editor: Suriawati
Fidget Spinners Bisa Berbahaya Bagi Anak Kecil
INT

RAKYATKU.COM - Fidget spinners mungkin bisa menjadi mainan yang menyenangkan dan menghilangkan stres. Tapi, ahli kesehatan memperingatkan bahwa itu bisa membahayakan kesehatan jika berada di tangan yang salah.

Menurut sebuah laporan baru yang diterbitkan dalam Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition edisi Januari / Februari, seorang anak laki-laki berusia 3 tahun dan seorang gadis berusia 4 tahun menderita luka bakar esofagus parah setelah mereka menelan baterai fidget spinners.

Dua laporan kasus lainnya menggambarkan luka esofagus yang diderita anak-anak yang menelan bagian pemintal gelisah, tapi bukan baterai. Potongan-potongan itu dilepas dengan endoskopi darurat.

Fidget Spinners Bisa Berbahaya Bagi Anak KecilPada umumnya, baterai mainan aman bagi anak-anak, tapi ini mungkin tidak terjadi pada perangkat yang memang tidak secara khusus ditujukan untuk mereka.

"Memiliki baterai tombol yang tidak berlabel pada mainan atau produk yang dapat menimbulkan bahaya bagi anak-anak," kata Drs. Athos Bousvaros dan Paul Rufo, dari Rumah Sakit Anak Boston.

Saat baterai bersentuhan dengan cairan tubuh, bisa menyebabkan luka bakar serius dalam waktu singkat.