Kamis, 08 Februari 2018 07:31 WITA

Jangan Tergoda Harga Murah, Parfum KW Bisa Sebabkan Kebutaan

Editor: Abu Asyraf
Jangan Tergoda Harga Murah, Parfum KW Bisa Sebabkan Kebutaan
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Harga murah salah satu yang membuat orang membeli barang. Namun, untuk produk tertentu, sebaiknya jangan melihat harganya semata.

Parfum, misalnya, tidak bisa disepelekan. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk bagian luar tubuh atau pada pakaian, tetap saja ada bahayanya.

Kepala BPOM DKI Jakarta Dewi Prawitasari mengingatkan masyarakat agar berhat-hati menggunakan parfum KW. Kalau bisa, dia bahkan menyarankan agar tidak perlu memakainya. Parfum palsu dengan kadar metanol yang tinggi bisa mengakibatkan iritasi kulit hingga kebutaan.

"Kalau disemprotkan kena mata bisa mengalami kebutaan, apalagi ini tinta stempel sehingga kalau disemprot ke baju bisa berbekas dan kulit bisa iritasi," kata Dewi Prawitasari di Jakarta, Rabu (7/2/2018).

BPOM sendiri telah melakukan pengujian terhadap mutu keamanan parfum. Hasil uji lab menunjukkan kandungan metanol pada parfum produksi tersangka HO alias J (38) itu di atas standar.

"Kandungan metanolnya 26 persen yang sebenarnya tak boleh lebih dari 5 persen. Kami juga ada PPNS kami jadi ahli untuk melengkapii berkas perkara ini," imbuhnya.

Subdit Industri dan Perdagangan (Indag) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membongkar pabrik parfum palsu di Tamansari, Jakarta Barat. Pabrik itu telah beroperasi selama tiga tahun dengan jangkaun area pemasaran di sembilan provinsi yakni Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tenggara. Omzetnya diperkirakan Rp36 miliar. 
 

Berita Terkait