Rabu, 07 Februari 2018 18:21 WITA

Tak Perlu Obat, Imajinasi Bisa Mengurangi Rasa Sakit

Editor: Suriawati
Tak Perlu Obat, Imajinasi Bisa Mengurangi Rasa Sakit
Ilustrasi Getty Images

RAKYATKU.COM - Tidak perlu menelan obat, hanya dengan membayangkan sesuatu yang kurang menyakitkan diyakini dapat mengurangi penderitaan seseorang tentang suatu hal.

Hal ini disimpulkan oleh peneliti dari Belanda yang menemukan bahwa peserta eksperimen dapat mengendalikan menyakitkan pengalaman mereka, sampai batas tertentu dengan imajinasinya.

Dalam studinya, kandidat doktor Kaya Peerdeman dari Universitas Leiden menggunakan ember es air dingin untuk menciptakan pengalaman yang menyakitkan. Peserta diminta meletakkan salah satu tangan mereka di dalam air dan menilai rasa sakit mereka.

Namun, sebelum merendam tangan mereka di air yang sangat dingin, Peerdeman mengatakan kepada kelompok lain untuk memvisualisasikan bahwa mereka memakai sarung tangan, pelindung hangat dan tahan air yang akan melindungi mereka dari suhu beku.

Ternyata benar, mereka yang berimajinasi seperti itu bisa merasakan lebih sedikit rasa sakit saat meletakkan tangannya di air dingin.

Penelitian mengatakan bahwa mereka berharap cara ini dapat diterapkan pada pasien, untuk membantu meringankan penderitaan mereka melalui rasa sakit kronis dan kondisi lainnya.