Kamis, 08 Februari 2018 00:29 WITA

Kalau Ingin Gigi Putih Bersih, Hindari Tujuh Makanan Ini

Editor: Abu Asyraf
Kalau Ingin Gigi Putih Bersih, Hindari Tujuh Makanan Ini
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Gigi yang putih bersih jadi pesona tersendiri. Namun, banyak orang yang tanpa sadar mengonsumsi makanan yang justru merusak salah satu alat vital manusia tersebut.

Ada sejumlah makanan yang jadi favorit, ternyata bisa membuat warna gigi yang putih alami jadi memudar. Jika terlalu sering mengonsumsi makanan ini, gigi malah jadi berwarna kekuning-kuningan.

Berikut ini daftar makanan berdampak buruk bagi gigi jika terlalu sering dikonsumsi, seperti dikutip dari Reader's Digest: 

1. Biji Bunga Matahari

Lupakan biji bunga matahari yang Anda miliki jika menginginkan gigi dalam keadaan sehat, kata Dr Neman. "Banyak biji-bijian yang harus menggunakan gigi depan untuk membukanya sehingga menyebabkan gigi Anda menjadi berjarak."

2. Es Batu

Anda perlu berhenti mengunyah es batu secepatnya karena itu merusak, kata Jon Marashi, DDS. "Es batu terlalu keras untuk email gigi dan meretakkan gigi, bahkan bisa mematahkan gigi Anda."

3. Buah Kalengan

"Seringkali buah biasanya dianggap sebagai pilihan yang sehat. Namun, buah dalam kaleng seringkali sangat tidak sehat. Jika dikemas dalam sirup dan dilapisi gula, efeknya tidak jauh berbeda dari mengonsumsi permen," kata Krysta Manning, DMD, MBA, dan pemilik Solstice Dental & Aesthetics di Louisville, Kentucky.

4. Gummy Bears

Bukan hanya gummy bears, tapi semua kenyal harus dihindari karena dapat merusak gigi menurut Lawrence Fung, DDS, seorang dokter gigi.

5. Popcorn

"Banyak orang datang dengan gigi yang retak karena memakan biji popcorn setengah matang, belum lagi kulit ari dari jagungnya tersebut," kata Jonathan Neman, DDS, dokter gigi di New York City. "Kulit ari jagung yang teradapat pada popcorn terkenal karena bisa menyebabkan celah di antara gigi dan menyebabkan nyeri gusi."

6. Buah Kering

Seberapapun enaknya buah-buahan kering dan sebanyak apapun serat yang terkandung di dalamnya, buah-buahan kering tetaplah tidak baik untuk gigi Anda. "Bukan hanya karena kandungan gula nya yang pekat, tetapi juga sangat lengket yang bisa masuk ke dalam sela-sela gigi geraham dan dapat menyebabkan lubang pada gigi Anda." ujar Dr Nerman

"Mereka mengerikan untuk gigi Anda karena mereka menempel pada semua area gigi dan semakin sering mengonsumsi permen kenyal tersebut, semakin banyak asam yang dihasilkan oleh bakteri penyebab kerusakan gigi."

7. Granola Bar

Granola bar mungkin penuh serat dan mineral, tapi sangat menyebalkan karena jika berhubungan dengan kesehatan gigi ternyata tidak sesehat itu. "Mereka mengandung jumlah gula yang tidak baik untuk gigi," kata Frederick Baker, DDS.

"Beberapa merek juga melapisi granola bar mereka dengan gula tambahan untuk kerenyahan menjadi dua kali lipat, di mana Anda memiliki potensi untuk mematahkan gigi dan juga memecahkan enamel dengan gula." katanya.