Rabu, 07 Februari 2018 14:32 WITA

Berikut Tanda-tanda Penuaan pada Kulit

Editor: Adil Patawai Anar
Berikut Tanda-tanda Penuaan pada Kulit

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebagian besar orang, tanda-tanda penuaan yang tidak disadari sering kali diabaikan, kecuali jika terlalu menonjol dan sulit disembunyikan. Mayoritas wanita mulai mengalami tanda-tanda penuaan setelah berusia 25 tahun. Pengobatan dini pada tanda-tanda penuaan ini bisa membuat perubahan terhadap kesehatan dan penampilan kulit Anda.

Tanda-tanda penuaan kulit tertentu yang tidak Anda sadari jangan Anda abaikan, karena perawatan dini dapat meminimalkan penampilan, pastikan kulit Anda tetap cantik.

Dengan bertambahnya usia, ada kerusakan kolagen dan elastin di kulit. Hal ini, pada gilirannya menyebabkan tanda-tanda penuaan yang tampak pada permukaan kulit.

Namun, dengan perawatan dini mungkin akan meminimalkan kecantikan kulit Anda. Itulah sebabnya, sangat penting untuk tidak menutup mata terhadap tanda-tanda penuaan dini seperti melandir Bold Sky berikut ini.

1. Kekeringan

Salah satu tanda penuaan kulit pertama yang terlihat adalah kekeringan. Ini mulai terjadi pada wanita yang berusia di atas 25. Dengan bertambahnya usia, kulit kita kehilangan kelenjar minyak dan kekeringannya menjadi tak terelakkan.

2. Kusam
Kusam adalah tanda penuaan umum lainnya yang tidak boleh Anda sadari. Seiring bertambahnya usia, kulit kita cenderung kehilangan kilau alami. Alhasil, kulit kita mulai tampak kusam dan tak bernyawa.

3. Kerutan
Kerutan yang muncul di sudut luar mata seseorang dikenal sebagai kaki gagak. Ini adalah tanda penuaan umum lainnya yang harus selalu Anda perhatikan. Setelah Anda mulai melihat tanda-tanda penuaan ini, Anda harus mulai menggunakan krim malam untuk memastikannya tidak terlalu menonjol.

4. Garis halus
Garis halus biasanya mulai berkembang setelah usia 30. Seiring bertambahnya usia, terjadi kerusakan kolagen dan elastin pada kulit yang menyebabkan garis-garis halus pada kulit wajah. Garis ini, jika tidak ditangani, garis halus akan menonjol seiring bertambahnya usia.

5. Keriput
Keriput adalah lipatan pada kulit yang terbentuk saat seseorang bertambah tua. Mayoritas wanita mulai mendapatkan keriput pada kulit mereka dari usia 25 tahun. Namun, beberapa faktor seperti kerusakan akibat sinar matahari dan kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan minum, dapat menyebabkan keriput dini.

6. Kulit kendur
Kelelahan kulit juga dianggap sebagai bagian alami dari proses penuaan. Seringkali disebabkan oleh hilangnya elastin, tanda penuaan ini bisa membuat kulit Anda tampak suram. Selalu waspada terhadap tanda penuaan dini ini, karena perawatan dini bisa membuat berbeda dengan penampilan kulit Anda.

7. Bintik-bintik gelap
Paparan sinar matahari secara terus menerus pada kulit Anda, akan menyebabkan bintik hitam menonjol di usia 30-an. Sebagian besar bintik-bintik ini tidak berbahaya, meski beberapa bisa menjadi bentuk yang mematikan. Itulah sebabnya, untuk memastikan kulit Anda tetap mulus, hindarilah paparan sinar matahari pada umur 20-an.

8. Pembesaran pori-pori wajah
Pembesaran pori-pori wajah adalah tanda penuaan lain yang tidak Anda sadari. Seiring kulit Anda kehilangan elastisitasnya, pori-pori cenderung berkembang dan jika tidak ditangani, pori-pori wajah mungkin akan menjadi lebih buruk dan menyebabkan jerawat.