Selasa, 06 Februari 2018 20:50 WITA

Apa yang Harus Dilakukan saat Digigit Binatang?

Editor: Suriawati
Apa yang Harus Dilakukan saat Digigit Binatang?
INT

RAKYATKU.COM - Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) puluhan juta orang digigit anjing setiap tahun, dan diperkirakan 55.000 dari mereka meninggal akibat infeksi gigitan tersebut.

Jika Anda digigit binatang apa pun, baik itu kucing atau tikus, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter, bahkan jika Anda pikir itu hanya goresan. Ini bertujuan untuk mencegah hal buruk, seperti pembengkakan dan infeksi.

Mengutip seorang ahli kesehatan bernama Dr Josef Mischo, sebuah artikel di The Star menyarankan bahwa setiap luka gigitan hewan sebaiknya dibersihkan dulu dengan air keran. Selanjutnya, tutup luka tersebut dengan kain steril atau plester. Jika sakit, Anda bisa mengompresnya dengan air dingin.

Selain itu, penting juga untuk memeriksa apakah vaksin tetanus mereka bekerja dengan baik. Karena jika tidak, hal itu dapat menyebabkan infeksi yang buruk dan memerlukan penanganan yang serius. Ada baiknya juga Anda mendapatkan vaksinasi rabies.

"Anda umumnya tidak boleh meremehkan gigitan, bahkan yang menyebabkan luka kecil" kata Dr Mischo. "Sulit untuk menilai kerusakan jaringan tanpa pelatihan medis yang tepat."

"Misalnya, gigitan kucing biasanya lebih dalam, dan karena itu, lebih cenderung menyebabkan infeksi."