Selasa, 06 Februari 2018 08:44 WITA

Ini Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

RAKYATKU.COM - Selama ini kita hanya mengenal bawang putih sebagai bumbu masakan utama selain bawang merah. Umbi-umbian ini memberikan rasa gurih yang khas pada setiap makanan khususnya yang diolah dalam bentuk kuah.

Selain digunakan untuk bumbu masakan, bawang putih juga bisa digunakan sebagai suplemen dan obat untuk tubuh. Tidak percaya, simak manfaat dari bawang putih di bawah ini.

1. Mencegah flu

Flu bisa datang kapan saja tanpa bisa kita cegah. Untuk itu, pencegahan harus dilakukan dengan memakai masker serta membuat tubuh jadi kebal virus karena antibodi bekerja dengan baik. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan antibodi ini adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Anda bisa mengolahnya dalam bentuk sup atau langsung dikonsumsi mentah.

2. Menurunkan tekanan darah

Beberapa masyarakat percaya kalau mengonsumsi bawang putih bisa menurunkan tekanan darah. Apa yang diyakini oleh masyarakat ini ternyata sudah diteliti oleh Universitas Ankara. Dari data yang diambil, pemberian ekstrak bawang putih selama 4 bulan pada penderita tekanan darah dan stroke menunjukkan tanda positif. Tekanan darah jadi rendah dan jantung semakin sehat.

3. Menyehatkan jantung

Seseorang yang menderita diabetes rawan terkenal penyakit kronis yang menyerang otot jantung. Nah, untuk mengatasi hal ini peneliti memberikan minyak dari ekstrak bawang putih. Individu dengan risiko penyakit jantung bisa lebih sehat setelah pemberian minyak bawang yang mengandung diallyl trisulfide.

4. Menurunkan risiko kanker paru

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention, seseorang yang mengonsumsi bawang putih mentah minimal dua kali seminggu mengalami penurunan risiko kanker paru. Bahkan penurunan risiko ini cukup besar hingga 44% ketimbang individu yang tidak mengonsumsi bawang putih sama sekali.