Selasa, 06 Februari 2018 04:30 WITA

Ini Cara Mengatasi Perubahan saat Menopause

Editor: Aswad Syam
Ini Cara Mengatasi Perubahan saat Menopause

RAKYATKU.COM - Setiap wanita pasti akan mengalami menopause pada usia tertentu. Saat menopause tubuh wanita sudah tidak lagi mengeluarkan sel telur dan tidak akan mengalami menstruasi lagi setiap bulannya. Kondisi ini juga menyebabkan perubahan lain pada tubuh wanita yang kadang membuat tidak nyaman. 

Dilansir dari laman WebMD, berikut ini cara mengatasi beberapa perubahan tubuh yang terjadi saat menopause:

Kepanasan (Hot flashes)

Hot flashes adalah rasa panas yang bisa datang tiba-tiba saat wanita sedang menopause. Biasanya perasaan ini terasa pada wajah, leher, dan dada. Penyebab pasti dari hot flashes ini belum diketahui secara pasti, namun diduga terkait dengan perubahan hormon reproduksi. Selain itu hot flashes juga dapat muncul akibat merokok atau terpapar asap rokok, minum alkohol, makan makanan pedas, minum kopi, atau stres.

Cara mengatasinya, jika Anda mulai merasakan hot flashes, tetap tenang, lalu ambil napas secara perlahan, dan keluarkan. Lakukan ini selama 15 menit setiap hot flashes mulai terasa, atau setiap pagi dan sore hari.

Susah tidur
Hot flashes yang muncul di saat malam hari mungkin membuat Anda susah tidur. Sebelum tidur, minumlah susu hangat untuk membuat Anda lebih rileks. Atau Anda juga bisa membaca buku sebagai pengantar tidur. Perbanyak olahraga di pagi atau sore hari untuk melancarkan peredaran darah. Jika gangguan ini masih berlanjut, sebaiknya konsultasikan pada dokter.

Perubahan mood
Sama halnya saat PMS dan hamil, perubahan hormon saat menopause juga menyebabkan perubahan mood yang tidak terduga. Anda mungkin akan lebih mudah marah atau sedih. Untuk mengatasinya, Anda bisa meredakannya lewat yoga, tai chi, atau melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama teman-teman.


Perubahan hormon saat menopause menyebabkan vagina menjadi lebih kering. Hal ini kadang mengganggu saat berhubungan seksual dan dapat membuat gairah seksual wanita menurun. Untuk mengurangi gangguan tersebut, Anda bisa menggunakan pelumas berbahan dasar air agar hubungan seksual menjadi lebih nyaman.

Sakit kepala
Beberapa wanita di masa menopause sering merasakan sakit kepala, kadang datang bersamaan dengan hot flashes. Amati apa yang membuat rasa sakit kepala ini muncul. Jika penyebabnya adalah perut yang kosong, maka Anda dapat menyantap camilan untuk mencegah atau meredakan sakit kepala tersebut. Jika penyebabnya adalah kelelahan atau kurang tidur, sebaiknya Anda perbanyak waktu istirahat.

Jerawat
Wanita yang masuk masa menopause juga bisa mengalami jerawat seperti saat berusia remaja. Gunakan produk yang lembut dan tidak menyebabkan kulit kering dan kulit tersumbat. Jika gangguan jerawat ini dirasa sangat parah, Anda bisa memeriksakannya ke dokter.

Lakukan hal menyenangkan
Saat menopause, wanita juga rentan akan stres. Anda perlu melakukan hal yang menyenangkan atau mencoba sesuatu yang baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Tantang diri Anda untuk selalu belajar dan menerima hal baru. Hal ini dapat meredakan stres dan mengurangi gangguan ingatan.