Selasa, 06 Februari 2018 04:00 WITA

Ini Cara Tidur yang Aman saat Hamil

Editor: Aswad Syam
Ini Cara Tidur yang Aman saat Hamil

RAKYATKU.COM - Pada awal kehamilan, ibu akan mengalami gangguan tidur setiap malamnya. Hal ini bisa terjadi karena pada trimester pertama, kadar progesteron dan metabolisme akan meningkat. Akibatnya, ibu jari mudah lelah meski tidak melakukan aktivitas berat seperti olahraga.

Seiring dengan berjalannya waktu, rasa lelah akan mulai hilang dan muncul lagi saat memasuki trimester akhir. Saat bayi di dalam rahim membesar, energi yang dimiliki ibu akan terserap sehingga mereka harus banyak-banyak melakukan istirahat.

Solusi mengurangi rasa lelah

Satu-satunya cara untuk mengurangi rasa lelah saat hamil adalah dengan beristirahat. Sayangnya saat akan beristirahat khususnya di siang hari, tubuh akan mengalami banyak gangguan mulai dari sering merasakan mual, punggung nyeri, sering buang air kecil, kram pada tungkai, dan rasa panas di dada.

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman itu, wanita yang sedang hamil disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri. Nyeri pada punggung dan kaki bisa diatasi dengan menyangga dengan bantal empuk atau diberi salep untuk memberikan rasa hangat. Lebih lanjut untuk mengurangi rasa panas di dada, tidur dengan bantal membentuk sudut elevasi tertentu.

Tips tidur yang aman dan nyaman

Agar kehamilan berjalan dengan lancar dan tidur tidak terganggu setiap hari. Lakukan beberapa tips di bawah ini.

- Menjaga ritme tidur setiap harinya. Usahakan tidur dan bangun pada waktu yang sama dan durasinya 6-8 jam.

- Asupan nutrisi tetap harus dijaga agar tubuh tetap mendapatkan asupan energi sehingga ibu tidak akan lemas dan susah tidur.

- Tetaplah olahraga meski intensitasnya tidak tinggi. Lakukan jalan kaki ringan setiap pagi agar tubuh tetap segar.

- Lakukan peregangan otot di titik-titik tubuh yang nyeri.

- Perbanyak minum saat siang hari dan kurangi saat malam hari agar gangguan berkemih tidak mengganggu tidur.