Selasa, 06 Februari 2018 02:00 WITA

Amankah Masturbasi Saat Haid?

Editor: Aswad Syam
Amankah Masturbasi Saat Haid?

RAKYATKU.COM – Hampir separuh wanita melakukan masturbasi untuk memenuhi kebutuhan seksualnya. Masturbasi ini dilakukan saat mereka merasa sedang terangsang atau saat sedang haid. Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang, amankan wanita melakukan masturbasi saat sedang haid?

Saat sedang haid atau menstruasi, gairah dari wanita akan naik dengan signifikan. Dampaknya, mereka akan sering tidak tahan sehingga masturbasi adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menuntaskan hasrat itu.

Saat sedang haid, hormon testosteron di dalam tubuh wanita akan meningkat sementara hormon progesteron jadi menurun. Peningkatan hormon testosteron menyebabkan gairah seks wanita tidak tertahankan, sehingga beberapa wanita akan langsung masturbasi agar tidak terganggu dengan rasa yang tidak nyaman.

Tapi hati-hati! Saat sedang haid, mulut rahim akan terbuka untuk mengeluarkan darah keluar tubuh. Saat mulut rahim terbuka, risiko masuknya bakteri akan tinggi sehingga infeksi bisa saja terjadi, kalau wanita melakukan masturbasi dengan salah.

Salah satu masturbasi yang salah dan dilakukan saat haid adalah memasukkan sesuatu ke vagina. Wanita tidak dianjurkan menggunakan jari dan alat bantu seks. Apa yang dilakukan ini bisa menyebabkan infeksi pada rahim. Kalau rahim sampai mengalami infeksi, wanita akan mengalami nyeri di bawah perut, demam, dan keputihan dengan bau tidak sedap.

Meski cukup berisiko, beberapa pakar seks menganggap kalau masturbasi bisa membantu meringankan rasa sakit saat haid. Sayangnya penelitian lanjutan terkait hal ini belum dilakukan dalam skala besar, sehingga kebenarannya masih diragukan.

Daripada wanita mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti infeksi atau ketergantungan, lebih baik hindari masturbasi. Saat gairah seksual sedang memuncak, alihkan ke aktivitas lain yang lebih bermanfaat seperti bekerja atau olahraga yang bisa menurunkan rasa ingin masturbasi.