Minggu, 28 Januari 2018 01:00 WITA

Atasi Susah Buang Air Besar dengan Cara Alami

Editor: Andi Chaerul Fadli
Atasi Susah Buang Air Besar dengan Cara Alami

RAKYATKU.COM - Mengatasi susah buang air besar bisa dilakukan secara alami di rumah. Mulai dari menambah asupan serat, minum air putih, hingga memanfaatkan garam inggris.

Susah buang air besar atau sembelit adalah masalah pencernaan yang umum terjadi. Sembelit dapat diredakan dengan cara mengusahakan agar tinja menjadi lunak.

Dikutip dari Alodokter, Sabtu (27/1/2018), berikut cara mengatasi sembelit secara alami;

Menambah asupan serat
Asupan serat membuat tinja menjadi lebih lunak dan membuat tinja bergerak lebih cepat di dalam usus. Asupan serat yang perlu ditambah sebaiknya berasal dari buah dan sayuran segar. Selain itu, roti gandum dan sereal bisa menjadi pilihan. Namun, lakukan penambahan jumlah serat secara bertahap. Hal ini karena peningkatan asupan serat secara mendadak dapat membuat perut Anda penuh gas, sehingga terasa kembung.

Loading...

Minum air putih lebih banyak
Susah buang air besar dapat disebabkan tinja yang keras, karena tinja tidak mengandung cukup air ketika masuk ke usus besar. Menurut penelitian, minum air putih atau air mineral yang cukup akan menghindarkan Anda dari kondisi ini. Secara umum, minum delapan gelas per hari dapat mencukupi kebutuhan cairan selama satu hari. Namun, ada kemungkinan Anda memerlukan lebih dari itu. Anda dapat mengukur kebutuhan air di dalam tubuh, dengan melihat warna urine. Jika urine berwarna kuning pekat, itu tanda bahwa Anda masih kekurangan cairan.

Olahraga
Cobalah untuk olahraga atau latihan fisik setiap hari. Aktivitas fisik ini akan berpengaruh juga pada gerakan otot di dalam usus. Berjalan kaki selama 15 - 30 menit setiap hari dapat membantu memperbaiki pencernaan sehingga susah buang air besar dapat teratasi.

Sediakan waktu untuk buang air besar
Jangan terburu-buru, berilah waktu yang cukup untuk buang air besar. Jangan pula menunda-nunda buang air besar. Menjadikan hal ini sebagai kebiasaan dapat membantu memperlancar buang air besar.

Loading...
Loading...