Selasa, 23 Januari 2018 15:53 WITA

6 Manfaat Terbaik Pisang Muda untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
6 Manfaat Terbaik Pisang Muda untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Tahukah Anda bahwa pisang hijau atau yang belum matang menawarkan manfaat yang tak kalah banyaknya dengan pisang yang sudah kuning?

Pisang muda merupakan sumber serat, vitamin dan mineral yang baik, serta mengandung pati yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Pisang jenis ini juga mengandung kadar vitamin dan mineral penting, seperti yang ditemukan pada pisang matang.

Berikut sejumlah manfaat kesehatan yang terkait dengan pisang muda:

1. Meningkatkan penyerapan gizi
Pisang muda dapat membantu memperbaiki kesehatan usus, berkat asam lemak rantai pendek yang ada di dalamnya. Penelitian mengatakan bahwa jenis asam lemak ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi, terutama kalsium.

2. Mengatur tekanan darah
Pisang hijau sangat tinggi kalium, yang merupakan mineral penting yang dibutuhkan dalam tubuh. Kalium bertindak sebagai vasodilator, yang berarti dapat menurunkan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri Anda. Hal ini dapat membantu mencegah kondisi seperti serangan jantung dan stroke.

6 Manfaat Terbaik Pisang Muda untuk Kesehatan3. Membantu pencernaan
Tingginya kadar pati tahan pada pisang hijau membuat mereka sangat baik untuk pencernaan di perut. Ini juga mengandung serat makanan yang dapat membantu mencegah kembung dan konstipasi jika dikonsumsi secukupnya.

4. Mengobati diare
Pisang hijau memiliki kemampuan untuk mengobati dan mencegah diare. Itu karena pisang hijau bisa memerangi bakteri, virus atau infeksi parasit yang menyebabkan diare.

6 Manfaat Terbaik Pisang Muda untuk Kesehatan5. Baik untuk diabetes
Orang yang menderita diabetes tipe 2 dapat memasukkan pisang hijau dalam menu harian mereka, karena mengandung gula dalam jumlah sedikit. Mengonsumsinya dalam bentuk rebus merupakan pilihan terbaik!

6. Mendukung fungsi ginjal
Pisang mentah dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh dan mendukung fungsi ginjal yang sehat. Mengkonsumsi pisang mentah lebih sering diyakini akan mencegah masalah ginjal, terutama kanker ginjal.