Sabtu, 20 Januari 2018 12:58 WITA

Jarang Ganti Kacamata Hitam Dapat Merusak Mata

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Jarang Ganti Kacamata Hitam Dapat Merusak Mata

RAKYATKU.COM - Selain dipakai untuk menunjang penampilan, Kacamata Hitam juga berfungsi melindungi mata dari paparan sinar UV. 

Kebanyakan orang mungkin tidak terpikir untuk rutin membeli kacamata baru selama kacamata tersebut masih berfungsi dengan baik. Ha itu ternyata keliru, pasalnya, menurut penelitian terbaru menemukan jika kacamata hitam harus rutin diganti, karena bisa membahayakan kesehatan mata. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Biomedical Engineering OnLine, yang dilansir dari Hello Sehat, menunjukkan bahwa kacamata sinar UV yang digunakan dua jam atau lebih setiap harinya cenderung akan menurun fungsi lensanya. Hal ini terjadi karena lensa gelap tersebut lama-kelamaan akan menjadi cerah lantaran lapisan lensanya menipis dan kehilangan kemampuannya untuk melindungi mata dari sinar UV.

Penelitian ini dilakukan dengan menguji kemampuan lensa hitam khusus sinar UV yang mengikuti sistem Brasil, yaitu berdasarkan tingkat kegelapan lensa dan perlindungan terhadap sinar UV. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kacamata hitam diarahkan menghadap simulator matahari yang berupa lampu berkekuatan 450 watt dengan jarak 30 cm selama 50 jam. 

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa lapisan lensa kacamata hitam tersebut kian menipis apabila dipergunakan secara terus- menerus.

Waktu dalam penelitian ini sebenarnya setara dengan dua hari penuh kacamata terkena paparan sinar matahari di musim panas, atau empat hari paparan sinar matahari di musim dingin. Namun, karena kedekatan Brasil dengan garis khatulistiwa, maka membuat paparan matahari di sana jauh lebih kuat dan terik dibandingkan dengan negara lainnya. Jadi pada kenyataannya, tes ini hanya setara dengan 23,5 jam paparan sinar matahari di kota São Paulo, misalnya.

Karena hasil penelitian tersebut menemukan bahwa lapisan kacamata hitam yang terlalu lama terkena paparan sinar matahari akan menipis, maka ini tentu akan membahayakan penglihatan Anda dalam jangka waktu panjang. Akibatnya, risiko terjadinya kerusakan kornea, struktur bagian dalam mata, hingga hilangnya penglihatan Anda pun akan semakin meningkat.

Untuk itu, para peneliti menghimbau agar Anda rutin mengganti atau membeli kacamata baru setidaknya dua tahun sekali agar terhindar dari bahaya yang dapat merusak mata.