Kamis, 18 Januari 2018 04:00 WITA

Jalan Kaki 30 Menit Sehari, Ini 10 Manfaat yang Tak Disangka

Editor: Abu Asyraf
Jalan Kaki 30 Menit Sehari, Ini 10 Manfaat yang Tak Disangka
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Tidak perlu bayar mahal untuk sehat. Berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa.  

Berjalan juga tidak mesti di lokasi khusus. Paling sederhana berjalan dari lokasi parkir menuju kantor, atau memilih tidak naik kendaraan ke sebuah lokasi yang akan dituju. 

Selain dapat memperkuat otot tubuh sekaligus membakar kalori, jalan kaki memiliki banyak manfaat lainnya. Boldsky Rabu (17/1) mengungkap sepuluh manfaat berjalan kaki: 

1. Jantung Sehat

Berjalan kaki setiap hari meningkatkan detak jantung. Berjalan bisa meningkatkan sirkulasi darah, mengendalikan tekanan darah, menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh, dan meningkatkan kolesterol baik.

2. Meningkatkan Metabolisme

Berjalan merangsang sistem pencernaan dan membantu perut mengeluarkan lebih banyak cairan pencernaan, sehingga hal itu meningkatkan tingkat metabolisme.

3. Mencegah Osteoporosis

Berjalan setiap hari memperkuat tulang. Selain itu, berjalan di bawah sinar matahari mendorong tubuh memproduksi vitamin D yang digunakan untuk penyerapan kalsium secara efektif di tubuh. Berjalan juga mencegah cairan di persendian mengering, sehingga mencegah menjauhi risiko arthritis.

4. Memperkuat Otot

Berjalan setiap hari mengencangkan otot dan meningkatkan rasio otot-lemak di tubuh. Berjalan membuat lengan, paha, dan bokong menjadi kencang.

5. Sistem Kekebalan Tubuh

Berjalan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mendorong tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga bisa mencegah seseorang terkena flu.

6. Merangsang Otak 

Berjalan meningkatkan aktivitas di sel otak, sehingga bisa mencegah risiko pikun atau hilang ingatan.

7. Tetap Aktif 

Berjalan setiap hari melatih fisik dan mental tetap aktif dan sehat. Berjalan meningkatkan sirkulasi darah dan juga daya dukung oksigen.

8. Proses Detoksifikasi 

Ketika semua otot di tubuh bergerak, organ-organ mulai membuang racun ke luar. Usus besar menjadi aktif dan mendukung buang air besar secara teratur.

9. Tetap Bahagia 

Berjalan menghilangkan beberapa tekanan dari pikiran. Berjalan memproduksi oksitosin yang memperbaiki mood, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya depresi.

10. Meningkatkan Harapan Hidup

Studi telah menunjukkan bahwa berjalan setiap hari ditambah pola makan sehat meningkatkan harapan hidup paling sedikit 5 sampai 7 tahun.