Rabu, 17 Januari 2018 13:16 WITA

Wanita yang Cepat Haid Berisiko Alami Penyakit Jantung dan Stroke

Editor: Suriawati
Wanita yang Cepat Haid Berisiko Alami Penyakit Jantung dan Stroke
INT

RAKYATKU.COM - Wanita yang mulai menstruasi sebelum usia 12 tahun lebih mungkin menghadapi peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke, menurut penelitian baru di Inggris.

Temuan ini berasal dari data lebih dari 267.000 wanita di Inggris yang rata-rata berusia 56 tahun pada awal penelitian. Peserta direkrut dari tahun 2006 sampai 2010, kemudian dilanjutkan sampai Maret 2016 atau serangan jantung/stroke pertama mereka, mana saja yang lebih dulu.

Studi tersebut menemukan bahwa wanita yang mulai menstruasi sebelum usia 12 tahun, 10 persen lebih mungkin terkena penyakit jantung daripada mereka yang mendapatkannya setelah berusia 13 atau lebih tua.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa masa menopause dini, komplikasi kehamilan dan histerektomi juga terkait dengan risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih tinggi.

Wanita yang Cepat Haid Berisiko Alami Penyakit Jantung dan StrokeMasa menopause dini (yang terjadi sebelum usia 47 tahun) dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 33 persen lebih tinggi dan risiko stroke sebesar 42 persen lebih tinggi.

Sementara setiap keguguran yang dialami seorang wanita meningkatkan risikonya terhadap penyakit jantung hingga 6 persen. Wanita yang menjalani histerektomi dan orang-orang yang melepaskan indung telur mereka sebelum histerektomi juga berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

Temuan ini dipublikasikan pada 15 Januari di jurnal Heart.

Peneliti mengatakan, karena ini adalah studi observasional, maka tidak ada kesimpulan tegas mengenai sebab dan akibat. Namun, mereka menambahkan bahwa penelitian ini adalah analisis yang besar dan mereka telah memperhitungkan sejumlah faktor lain yang dapat mempengaruhi risiko.