Rabu, 08 Juni 2016 08:59 WITA

5 Tips Sederhana Menurunkan Berat Badan Selama Puasa

Editor: Suriawati
5 Tips Sederhana Menurunkan Berat Badan Selama Puasa

RAKYATKU.COM -  Selama Ramadan pola makan kita berubah. Dari yang tadinya makan 3 kali sehari, sekarang hanya dua kali yaitu saat sahur dan berbuka puasa.

Karena rentan menahan waktu puasa yang lama, kita biasanya cenderung memanjakan diri dengan makanan nikmat saat berbuka berpuasa, dan kemungkinan mengabaikan nilai gizi dan kandungan kalori makanan. Hal ini tentu bisa menyebabkan berat badan kita bertambah. 

Nah, untuk Anda telah berjuang dengan masalah berat badan dan ingin menurunkan beberapa kilogram selama ramadan, berikut ini tips yang bisa Anda coba:

Pertama, pastikan bahwa saat sahur Anda makan makanan  sehat dan seimbang. Cobalah mengonsumsi banyak sayuran, buah-buahan dan daging tanpa lemak. Sebaliknya, hindari hidangan yang terlalu pedas atau berminyak. 

Baca juga: 4 Makanan dan Minuman Sehat untuk Berbuka Puasa

Kedua, jangan pernah melewatkan sahur, karena makanan yang dikonsumsi selama sahur akan membuat Anda tetap aktif dan bersemangat untuk sisa hari.  Selain itu, melewatkan sahur juga bisa memperlambat tingkat metabolisme Anda dan melemahkan kapasitas pembakaran lemak tubuh.

loading...

Ketiga, pastikan Anda minum banyak air, dan jus buah selama sahur dan berbuka. Ini sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ini sangat penting untuk sistem metabolisme Anda yang akan membantu proses penurunan berat badan.

Keempat, pastikan bahwa Anda mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan kadar serat, terutama saat berbuka, karena makanan ini adalah makanan terakhir yang dikonsumsi dalam sehari. Protein, lemak sehat dan serat dapat bekerja sampai proses metabolisme membakar kalori sepanjang malam.

Baca juga: Tips Mencegah Bau Mulut Selama Berpuasa

Kelima, cobalah untuk tetap aktif sebisa mungkin sepanjang hari. Karena Anda sedang berpuasa, Anda mungkin merasa lelah tapi Anda dapat melibatkan diri dalam latihan ringan tertentu seperti berjalan, duduk-squat, dsb. Latihan yang dikombinasikan dengan puasa dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

Loading...
Loading...