Senin, 15 Januari 2018 09:24 WITA

Ayo Deteksi Kanker Serviks dengan Metode Ini

Editor: Aswad Syam
Ayo Deteksi Kanker Serviks dengan Metode Ini

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kanker serviks atau kanker leher rahim, merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang wanita dan menjadi masalah kesehatan yang penting bagi wanita di seluruh dunia.

Saat ini kanker serviks menjadi penyebab kematian perempuan nomor dua di dunia. Bahkan menempati urutan pertama di negara-negara yang sedang berkembang.

Guna mengantisipasi penyakit tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menghentikan kemungkinan perkembangan kanker serviks sedini mungkin. Salah satunya, Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA).

"Saat ini inspeksi IVA memang masih kurang diminati. Mungkin karena prosedurnya masih belum terlalu dikenal masyarakat layaknya  prosedur pap smear, yang memang lebih banyak dikenal kalangan luas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah T Azikin, Senin (15/1/2017).

Namun, lanjut Naisyah, keakuratan metode IVA sudah tidak diragukan lagi. Karena dalam mendeteksi lesi atau luka prakanker, tingkat keberhasilannya hingga 90 persen. Selain itu prosedurnya juga terbilang sederhana, mudah, dan murah.

Pemeriksaan dengan metode IVA, dilakukan dengan cara melihat serviks yang telah diberi asam asetat 3-5 persen, secara inspekulo. Setelah satu sampai dua menit, dilakukan pengamatan secara langsung pada serviks. 

Jika positif (ada kelainan), maka akan ditandai dengan kemunculan plak putih pada serviks. Plak putih ini yang harus diwaspadai sebagai luka prakanker.

"Proses ini tidak menyakitkan. Caranya juga sederhana dan hasilnya dapat langsung diketahui saat itu juga. Apakah serviks dalam keadaan normal (negatif), atau positif (ada lesi pra-kanker)," ujarnya.

Naisyah menuturkan, pemeriksaan dengan metode IVA bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik. Pemeriksaan ini juga tersedia di puskemas-puskesmas di Kota Makassar.