Sabtu, 13 Januari 2018 18:25 WITA

Sakit Saat Berhubungan Intim? Waspadai Penyakit Mematikan ini!

Editor: Suriawati
Sakit Saat Berhubungan Intim? Waspadai Penyakit Mematikan ini!
INT

RAKYATKU.COM - Jika Anda kerap merasakan sakit yang tidak biasa saat berhubungan intim, maka segeralah ke dokter! Hal itu bisa jadi satu tanda atau gejala kanker serviks.

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit mematikan, dan bisa berkembang pada wanita dari segala usia. Kanker ini berkembang di leher rahim perempuan.

Jika sel abnormal berkembang menjadi kanker serviks, gejalanya bisa berupa keputihan hingga nyeri saat berhubungan intim, serta perdarahan tidak normal pada miss V. Bau tidak sedap dari area intim juga bisa menjadi salah satu gejalanya.

Namun, kanker serviks hanya akan dapat dideteksi setelah Anda melakukan pemeriksaan pap smear. "Pendarahan vagina yang tidak biasa adalah gejala yang perlu diselidiki oleh dokter umum Anda," kata National Health Service (NHS), seperti dikutip Express Uk.

Selain itu, NHS juga merinci beberapa gejala kanker serviks lainnya, termasuk sembelit, hilangnya kontrol kandung kemih, sakit tulang, pembengkakan salah satu kaki, nyeri parah di sisi atau seluruh punggung, kehilangan selera makan, penurunan berat badan, dan kelelahan serta kekurangan energi.