Sabtu, 13 Januari 2018 15:26 WITA

Cara Merawat Rambut dari Kerusakan Saat Berenang

Editor: Suriawati
Cara Merawat Rambut dari Kerusakan Saat Berenang
INT

RAKYATKU.COM - Berenang adalah hal menyenangkan, tapi beberapa orang mungkin mengkhawatirkan kerusakan yang bisa ditimbulkannya pada rambut.

Yah, kolam renang umumnya menggunakan klorin. Ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan menjaga tingkat kebersihan di kolam renang. Namun, meskipun klorin melindungi Anda dari infeksi, itu justru bisa menimbulkan malapetaka pada rambut Anda.

Sebenarnya, merawat rambut saat berenang adalah proses yang relatif sederhana. Ada dua cara untuk melakukannya, dan keduanya diperlukan dan sama pentingnya. Yang pertama adalah rejimen perawatan rambut pra-berenang, dan yang lainnya adalah rejimen pasca-berenang.

Perawatan pra-berenang
Minyaki rambut Anda, untuk mencegah klorin memasuki kutikula dan merusak warna dan kilau rambut Anda. Ini juga bisa mencegah rambut pirang dan berwarna berubah warna. Anda bisa menggunakan berbagai macam minyak, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

Cara terbaik adalah menggunakan shower cap, agar rambut Anda tidak terkena air dari kolam.

Cara Merawat Rambut dari Kerusakan Saat BerenangPerawatan pasca-renang
Segera setelah selesai berenang, bilas rambut Anda di kamar mandi, karena rambut basah cenderung menyerap air dari kolam. Ini juga bertujuan untuk mencegah penumpukan residu kimia di rambut Anda. Jangan lupa untuk menerapkan kondisioner tebal.

Langkah Ini tidak hanya memberi nutrisi pada folikel rambut Anda tetapi juga membentuk lapisan yang melindungi rambut Anda dari klorin dan bahan kimia berbahaya lainnya di kolam renang.