Sabtu, 13 Januari 2018 04:00 WITA

Makan Kambing Naikkan Tekanan, Benarkah?

Editor: Almaliki
Makan Kambing Naikkan Tekanan, Benarkah?
Airlanggan Hartarto saat mencoba coto Makassar.

RAKYATKU.COM - Makan kambing biasanya menghantui orang-orang yang takut tekanan darahnya naik. Apalagi, usai makan, kepalanya langsung pusing. Namun, benarkah adanya?

Pakar kesehatan menyebut, kepala pusing usai makan daging disebabkan kandungan zat besi, tyramine, dan protein, menurunkan asupan gula menuju otak dengan signifikan. Sehingga, kepala bisa pusing.

Tubuh memang membutuhkan zat besi karena dijadikan bahan untuk memproduksi hemoglobin atau sel darah merah. Ialah yang bertanggung jawab mengalirkan oksigen di tubuh. Sayangnya, karena kadar zat besi meningkat dengan tajam, maka hal ini justru akan menyebabkan sakit kepala.

National Poison Control Center menyebut, selain sakit kepala atau pusing-pusing, gejala lain dari kelebihan zat besi dalam tubuh adalah mual, tubuh terasa lemah, dan napas lebih pendek.

Jadi, jika Anda mengalami hemochromatosis, yang membuat tubuh memproduksi zat besi dengan berlebihan. Sebaiknya jangan makan daging.

Intinya, jangan terlalu khawatir berlebihan jika setelah makan daging kambing, kepala kita langsung pusing. Sebaiknya, kita membatasi asupan daging kambing demi kesehatan tubuh.

Tags