Jumat, 12 Januari 2018 11:00 WITA

Penyebab Wajah Berjamur dan Cara Mengatasinya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Penyebab Wajah Berjamur dan Cara Mengatasinya

RAKYATKU,COM - Infeksi jamur bisa menyerang bagian mana saja dari tubuh Anda. Mulai dari vagina, penis, mulut, hingga kuku tangan dan kaki. Satu area tubuh yang juga tidak luput dari jajahan jamur adalah wajah. 

1. Dua jenis infeksi jamur pada wajah

Infeksi jamur pada wajah ada dua jenis, yaitu tinea faciei dan tinea barbae. Yang menjadi perbedaan adalah lokasi infeksinya.

Infeksi tinea faciei hanya terbatas pada daerah wajah yang tidak berambut, misalnya pipi, dahi, serta batang hidung dan sekitarnya. Pada infeksi tinea barbae, infeksi lebih umum menyerang daerah yang berambut, seperti daerah kumis dan jenggot.

2. Apa penyebab wajah jamuran?

Spesies jamur yang paling umum menginfeksi wajah adalah Microsporum canis, Tricophyton mentagrophytes, dan Tricophyton rubrum. Jenis jamur ini biasanya ditularkan melalui binatang-binatang peliharaan di rumah.

Binatang yang dapat memperantarai penyebaran penyakit ini ke manusia umumnya adalah binatang pengerat seperti hamster, marmut, tikus, dan juga binatang-binatang lain seperti kelinci, anjing, kucing, sampai kuda. Tetapi, infeksi juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan orang lain yang mengalami infeksi jamur.

3. Apa tanda dan gejala infeksi jamur pada wajah?

Tanda dan gejala wajah jamuran umumnya hampir mirip dengan gejala infeksi jamur pada kulit area lainnya yaitu berupa bercak-bercak kulit kemerahan yang biasanya kasar, berkerak atau ‘beruntusan’, dan dikelilingi oleh bintil atau krusta (luka basah yang sudah mengering). Tanda lainnya yang mungkin timbul adalah tektur kulit yang tidak rata, sedikit meninggi pada tepi bercak. Bercak ini biasanya berbentuk anular atau melingkar.

Selain itu, infeksi jamur juga menyebabkan rasa gatal dan panas pada daerah yang terinfeksi. Gejala ini bisa makin parah ketika terpapar sinar matahari. Infeksi jamur paling sering menyerang di daerah pipi, selain itu dapat juga menyerang bagian hidung, sekitar mata, dagu, dan dahi. Infeksi ini juga dapat menyerang beberapa area sekaligus.

4. Bagaimana cara menyembuhkannya?

Bila Anda atau kerabat dekat Anda memiliki wajah jamuran, segeralah ke dokter untuk diobati, Penobatan infeksi jamur pada wajah biasanya berupa salep atau krim antijamur. Jika infeksi sudah sangat menyebar, dokter dapat meresepkan obat antijamur yang diminum.

5. Cara mencegah supaya wajah tidak jamuran?

Pencegahan infeksi ini dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan sekitar. Rajinlah cuci muka dua kali sehari. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti sarung bantal, sarung guling, selimut, dan seprai Anda.

Dilansir hellodokter, jika Anda punya binatang peliharaan, jangan lupa untuk merawat kebersihannya. Pastikan si Manis di rumah selalu di-groom dan rutin diperiksakan ke dokter untuk memastikan ia tidak membawa penyakit. Jika peliharaan Anda sakit, pisahkan ia sementara dari orang-orang rumah agar tidak menyebabkan penularan.