Jumat, 12 Januari 2018 10:58 WITA

Minum Jus Jeruk Dapat Kurangi Resiko Stroke

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Minum Jus Jeruk Dapat Kurangi Resiko Stroke

RAKYATKU.COM - Kabar gembira bagi anda pecinta buah jeruk. Karena asupan buah citrus dalam jeruk ternyata dapat mengurangi resiko stroke.

Karena kandungan hesperidin dalam jeruk yang dapat memperlancar aliran darah di seluruh badan termasuk otak, sehingga dapat mengurangi risiko stroke.

Hal ini sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian. Dilansir dari National Geograpic Indonesia, pada salah satu penelitian yang dilakukan dengan menggunakan sebuah alat yang fluximeter Doppler, para ilmuwan mengukur aliran darah melalui kulit dengan menggunakan sinar laser.

Dengan menghubungkan mesin tersebut pada seseorang, para ilmuwan dapat menghitung jumlah hesperidin yang ditemukan di dalam dua gelas jus jeruk. Selain itu juga ditemukan adanya penurunan tekanan darah dan meningkatnya aliran darah di dalam tubuh.

Dalam penelitian lainnya, para ilmuwan menguji dua orang kelompok wanita yang memiliki sensitivitas pada suhu dingin dengan aliran darah yang lambat. Kemudian menempatkan mereka di dalam ruangang dengan tekanan suhu dingin yang tinggi. Salah satu kelompok telah meminum jeruk sebelumnya, sedangkan kelompok lainnya meminum palacebo.

Hasilnya keduanya menunjukkan hasil yang sangat berbeda. Kelompok yang meminum palacebo mengalami kedinginan secara terus menerus, hal tersebut tejadi karena lambatnya aliran darah mereka, suhu dari jari-jari mereka turun hingga mencapai 13 derajat Celsius selama percobaan.

Sedangkan jari-jari milik kelompok wanita yang meminum jus jeruk asli, menunjukkan sedikit lebih tidak kedinginan sebanyak setengah, karena tekanan darah mereka mengalir lebih stabil.

Para peneliti juga menguji kedua kelompok wanita ini untuk mencelupkan tangan mereka ke dalam air yang berisikan es batu dan memperlihatkan bahwa peminum jus jeruk dapat memulihkan keadaan tangan mereka lebih cepat 50 persen dibandingkan dengan kelompok lainnya.