Kamis, 11 Januari 2018 18:06 WITA

Makanan Yang Bisa Meningkatkan Hemoglobin

Editor: Suriawati
Makanan Yang Bisa Meningkatkan Hemoglobin
INT

RAKYATKU.COM - Anda mungkin tahu bahwa hemoglobin penting bagi tubuh Anda untuk berfungsi. Ini adalah protein yang ditemukan pada sel darah merah. Fungsi yang paling penting adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke semua sel lainnya, yang membantu menopangnya.

Tingkat hemoglobin yang rendah menyebabkan anemia, dan ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Kebiasaan makan yang buruk, penyerapan nutrisi yang buruk, kehamilan, kehilangan darah, dan bahkan obat tertentu, dapat menyebabkan kadar hemoglobin rendah.

Gejala yang paling umum dari jumlah hemoglobin yang rendah adalah kelelahan, sesak napas, pusing, sakit kepala, dan nyeri dada. Hal ini dapat menyebabkan konsekuensi serius dan juga mempengaruhi sistem kardiovaskular Anda.

Berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin.

1. Hati
Konsentrasi besi, vitamin B12, dan folat tertinggi dapat ditemukan di hati. Ini juga merupakan sumber folat, zat besi, dan vitamin C. Anda bisa mengonsumsi hati dari daging sapi, kalkun, dan ayam.

2. Daging sapi dan ayam
Daging sapi (tanpa lemak) adalah sumber zat besi yang baik. Setiap 85 gram daging sapi menyediakan 2,1 mg zat besi. Dada ayam juga merupakan daging pilihan lainnya yang menyediakan zat besi.

Makanan Yang Bisa Meningkatkan Hemoglobin3. Makanan laut
Makanan laut, seperti kerang, tiram, dan kaviar, bisa memberi lebih banyak dari kebutuhan harian zat besi dan vitamin B12.

4. Biji-bijian utuh
Biji-bijian utuh, seperti jelai, quinoa, dan oatmeal, juga kaya akan zat besi. Setiap 100 gram gandum mengandung sekitar 2,5 miligram zat besi.

Makanan Yang Bisa Meningkatkan Hemoglobin5. Vitamin C
Vitamin C sangat penting untuk penyerapan zat besi, yang meningkatkan kadar hemoglobin Anda. Buah-buahan seperti jeruk, lemon, jambu biji, dan leci dianjurkan karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.