Kamis, 11 Januari 2018 12:50 WITA

Hindari Bawa Bunga Saat Menjenguk di Rumah Sakit, Ini Akibatnya

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Hindari Bawa Bunga Saat Menjenguk di Rumah Sakit, Ini Akibatnya

RAKYATKU.COM - Jika menjenguk kerabat atau saudara yang sedang sakit, hal yang biasa dibawa adalah buah dan bunga. 

Tetapi ternyata membawa bunga ke rumah sakit sangat tidak dianjurkan, dan sebaiknya dihindari terutama jika berada di ruangan unit luka bakar. Bahkan, ada beberapa Rumah Sakit yang membuat kebijakan larangan membawa bunga ke kamar pasien. 

Bunga segar memang dapat mempercantik ruangan dan menyejukkan mata. Akan tetapi, hal tersebut berbanding terbalik saat diletakkan di dalam ruangan rumah sakit. 

Mengapa begitu? Dilansir dari Hello Sehat, rupanya bunga diduga mengandung bakteri yang dapat meningkatkan risiko infeksi nosokominal (infeksi yang terjadi ketika di lingkungan rumah sakit). 

Akan tetapi, sebenarnya hal ini masih menuai pro dan kontra dan membutuhkan penelitian lebih lanjut. Meski begitu, serbuk sari di dalam bunga juga bisa menyebar ke ruangan sehingga dapat menyebabkan alergi bagi mereka yang sensitif atau punya alergi serbuk sari. 

Pada pasien dengan sistem imun yang lemah seperti karena kanker, HIV/ AIDS, atau gangguan pernapasan juga sebaiknya tidak dibawakan bunga karena akan meningkatkan risiko terpapar beberapa parasit dan jamur dari bunga dan tanaman, misalnya aspergillus.

Untuk itu, meski belum ada penelitian lebih lanjut, sebaiknya membawa ke dalam ruangan pasien sebaiknya tidak dilakukan.