Rabu, 10 Januari 2018 19:40 WITA

Hobi Membaca Bikin Mental Lebih Sehat

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Hobi Membaca Bikin Mental Lebih Sehat
Ilustrasi membaca.

RAKYATKU.COM - Memiliki dan menjalani hobi ternyata bukan sekadar aktivitas senang-senang belaka. Karena kegiatan tersebut juga dapat menjadi penyeimbang rutinitas, pelepas penat, wadah untuk menyalurkan kreativitas, sehingga dapat menjaga kesehatan mental Anda.

Beberapa hobi dapat membantu dalam menjaga kesehatan mental. Salah satunya hobi membaca.

Dirangkum dari Klik Dokter, aktivitas membaca memiliki banyak manfaat baik bagi perkembangan otak maupun kesehatan mental. Jika berjalan santai akan melatih kebugaran tubuh, maka dengan membaca akan melatih kebugaran otak dan mental.

Menurut sebuah penelitian di University of Sussex, membaca dapat menurunkan tingkat stres hingga 68%. Serupa dengan kegiatan relaksasi lainnya, membaca dalam kondisi tenang juga dapat menurunkan kadar kortisol di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, seseorang yang memiliki hobi membaca juga akan menjadi seseorang yang lebih berempati. Bagi anak, empati merupakan kemampuan penting yang perlu dimiliki agar dapat memahami dunia dan orang-orang di sekitarnya saat dewasa nanti. Ini artinya membaca dapat menjadi hobi yang baik bagi semua golongan usia.