Rabu, 10 Januari 2018 13:17 WITA

Makan Ikan Bantu Si Kecil Cepat Tidur

Editor: Andi Chaerul Fadli
Makan Ikan Bantu Si Kecil Cepat Tidur
ilustrasi (int)

RAKYATKU.COM - Sebuah studi terbaru menemukan, konsumsi ikan secara rutin, dapat membuat kualitas tidur lebih baik serta meningkatkan IQ.

Dikutip dari laman Reader's Digest, Rabu (10/1/2018), studi yang dipublikasikan oleh University of Pennysylvania itu menemukan, konsumsi ikan yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan sisi kognitif tubuh dan membantu tubuh untuk tertidur lebih cepat. 

Para peneliti juga menemukan, anak-anak yang mengonsumsi ikan setidaknya satu kali seminggu, memiliki IQ yang lebih tinggi 5 poin dibandingkan anak yang tidak suka konsumsi ikan.

"Saraf neuron membutuhkan asam lemak omega-3 untuk membentuk struktur dan fungsi sel membran dengan baik," ujar ahli sains saraf, Don Vaughn.

Dilanjutkan Don, asam lemak omega-3 juga membantu memicu defisit kognitif pada anak. Tidak hanya itu, kandungan baik di dalam ikan juga memicu kualitas tidur lebih baik.

Studi yang merekrut 541 orang anak di China, menganalisa dampak konsumsi ikan terhadap kemampuan verbal dan non-verbal pada anak-anak tersebut. Mereka yang rutin konsumsi ikan minimal satu kali dalam seminggu, mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

"Tidur menjadi hal penting untuk kesehatan dan fungsi otak yang mencakup menyimpan memori dan  mengingat informasi. Kualitas tidur yang baik berkaitan dengan fungsi otak yang bekerja dengan baik juga," paparnya.

Meski begitu, peneliti belum menemukan jumlah pasti dalam mengonsumsi ikan yang dapat meningkatkan IQ dan kualitas tidur lebih baik. Namun, dengan asupan omega-3 di tubuh, dapat menjadi perubahan kecil yang memicu peningkatan kognitif dengan membuat kualitas tidur lebih baik.

Berita Terkait