Rabu, 10 Januari 2018 10:52 WITA

Benarkan Air Garam Dapat Redakan Sakit Gigi?

Editor: Andi Chaerul Fadli
Benarkan Air Garam Dapat Redakan Sakit Gigi?
ilustrasi (int)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Air hangat yang dicampur garam umumnya digunakan untuk meredam sakit gigi. Praktik pengobatan ini bahkan turun temurun dilakukan di berbagai daerah di Indonesia.

Namun ampuhkan air garam meredam rasa nyeri saat sakit gigi?
Citra Oktaviani, salah satu dokter gigi asal Makassar membenarkan hal itu. 

Dia mengatakan, berkumur dengan garam yang dilarutkan dalam air hangat memang dapat meredahkan nyeri pada gigi.

"Berkumur dengan air garam memang cukup ampuh. Kita ketahui saat sakit gigi, biasanya rongga mulut itu sifatnya asam akibat produksi yang dihasilkan oleh bakteri. Sementara garam mengandung unsur Natrium klorida, yang didalamnya terdapat golongan halogen. Nah, halogen ini lah yang sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri dalam gigi," kata drg Citra, Rabu (10/1/2018).

Selain itu, kata Citra, suhu hangat dari air juga dapat melancarkan peredaran darah. Kemudian gerakan berkumur-kumur, juga bisa membantu mengeluarkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.

Kendati ampuh meredahkan sakit gigi, namun sifat pengobatan dengan larutan garam hanya untuk pertolongan pertama saja dan bersifat sementara. Manfaatnya pun secara lokal saja, yakni pada gigi yang sakit. Sehingga disarankan agar tetap berkonsultasi ke dokter gigi.

"Salah satu penyebab sakit gigi itukan akibat gigi berlubang. Untuk mencegah rasa sakit itu muncul lagi, maka lubang ini harus dibersihkan, lalu di beri obat pada gigi tersebut. Selain itu, pasien juga tentu akan diberikan resep obat. Dokter gigi juga biasanya akan memberikan pengobatan secara lokal dan sistemik. Jadi hasilnya tentu lebih baik," jelas dia.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, dapat melarutkan beberapa sendok garam pada air hangat matang. Lalu digunakan untuk berkumur. Pada saat berkumur posisikan di bagian yang dirasa sakit selama lebih dari 2 sampai 3 menit.