Selasa, 09 Januari 2018 17:28 WITA

5 Bahan Alami untuk Meredakan Sengatan Lebah

Editor: Suriawati
5 Bahan Alami untuk Meredakan Sengatan Lebah
INT

RAKYATKU.COM - Disengat lebah merupakan hal yang jarang terjadi, namun penting untuk mengetahui cara menanganinya jika seseorang bertemu nasib sial ini.

Sengatan lebah bisa menyebabkan bengkak, kemerahan dan gatal. Dalam beberapa kasus, sengatan lebah bisa berakibat fatal, yang terkadang dapat menyebabkan kesulitan bernapas, meningkatkan denyut nadi dan menyebabkan reaksi alergi yang parah, yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

Berikut beberapa solusi untuk menangani sengatan lebah:

1. Terapkan air es
Saat Anda digigit lebah, keluarkan stinger dan peras racunnya dengan hati-hati. Segera, oleskan air es di area yang tersengat dan biarkan selama 20 menit. Ini akan menghilangkan rasa sakit dan bengkak dalam beberapa jam.

2. Baking soda
Pasta dari baking soda dengan air akan membantu menetralkan racun lebah dan mengurangi rasa sakit, gatal dan bengkak. Oleskan lapisan baking soda ke daerah yang sakit dan tutupi dengan perban. Biarkan selama 15 menit.

5 Bahan Alami untuk Meredakan Sengatan Lebah3. Kentang dan bawang merah
Jika sengatan lebah tidak menyebabkan reaksi alergi apapun, Anda bisa menggunakan kentang mentah dan bawang merah. Potong kentang mentah dan bawang merah lalu sedikit gosokkan pada daerah yang terkena. Ulangi ini setelah 10 menit.

4. Bawang putih
Bawang putih mengandung antioksidan, antiseptik dan anti-inflamasi yang membantu dalam melawan sengatan lebah. Menerapkan jus bawang putih di daerah yang terkena akan memberi hasil positif. Hancurkan bawang putih dan ekstrak jusnya. Oleskan jus dan biarkan selama 20 menit atau lebih.

5 Bahan Alami untuk Meredakan Sengatan Lebah5. Pepaya
Pepaya bisa memberikan efek pendinginan yang sangat berguna saat Anda terkena sengatan lebah. Ini mengandung enzim yang efektif membantu melawan peradangan dan meningkatkan penyembuhan luka bakar. Potong dalam bentuk kubus besar pepaya dan oleskan pada kulit yang terkena. Tahan selama 15 menit dan jika rasa sakit terus berlanjut, oleskan terus menerus.