Senin, 08 Januari 2018 16:20 WITA

Selalu Mengantuk Sepanjang Waktu? Ini Solusi untuk Anda

Editor: Suriawati
Selalu Mengantuk Sepanjang Waktu? Ini Solusi untuk Anda
INT

RAKYATKU.COM - Apakah Anda sering merasa ngantuk, lesu, dan tidak bersemangat di siang hari? Jika Anda tidak tidur nyenyak pada malam sebelumnya, maka itu adalah hal normal. Tapi jika ini terjadi bahkan setelah tidur nyenyak, maka ada sesuatu yang tidak benar!

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat Anda merasa mengantuk sepanjang hari. Jadwal tidur yang tidak tepat, stres, dan penyakit seperti diabetes bisa menjadi alasan di balik rasa kantuk Anda.

Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda merasa segar dan aktif di siang hari.

  • Jika Anda merasa sangat mengantuk di siang hari, tidurlah sebentar! Tapi ingat, terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk kesehatan. Batasi tidur siang 15-30 menit.
  • Kurangan olahraga juga bisa menyebabkan Anda lesu. Untuk itu lakukan latihan ringan secara teratur. Ini bisa memompa oksigen ke seluruh bagian tubuh Anda, dan membuat Anda merasa segar.
  • Pastikan juga kamar Anda cukup berventilasi sehingga memungkinkan udara segar masuk. Selain itu, jagalah ruangan Anda tetap terang. Tinggal di ruangan yang gelap untuk waktu yang lama bisa menyebabkan sekresi melatonin yang bisa membuat Anda merasa ngantuk.
  • Sikap duduk yang tidak tepat juga membuat Anda merasa mengantuk dan lesu. Pertahankan postur tubuh yang lurus.
  • Terakhir, pastikan Anda terhidrasi dengan minum cukup air, serta hindari rokok dan alkohol.