Minggu, 07 Januari 2018 10:47 WITA

5 Manfaat Menakjubkan Ubi Jalar untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
5 Manfaat Menakjubkan Ubi Jalar untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Ubi jalar merupakan salah satu tanaman umbi yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Selain menawarkan rasa yang manis, ubi jalar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Ini mengandung beta karoten, vitamin E, C dan B-6, potassium dan zat besi. Keuntungan terbesar yang dimiliki ubi jalar adalah, ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, yang membuatnya ramah terhadap diabetes.

Berikut beberapa manfaat menakjubkan ubi jalar untuk kesehatan

1. Anti-inflamasi
Ubi jalar mengandung antosianin, yang dikenal dengan sifat anti-inflamasinya yang kuat. Ini bisa mengurangi radang organ dan mencegah kerusakan akibatnya. Jumlah fibrinogen yang ada di dalamnya juga membantu pembekuan darah.

2. Baik untuk penderita diabetes
Seperti dikatakan sebelumnya, ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah, sehingga sangat aman dikonsumsi pendirita diabetes, karena tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang ekstrim. 

5 Manfaat Menakjubkan Ubi Jalar untuk Kesehatan3. Mencegah penuaan
Ubi jalar kaya akan karotenoid dan beta karoten, yang membantu pembuatan vitamin A di tubuh. Ini memperkuat penglihatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Mereka juga bertindak sebagai antioksidan kuat yang mengurangi efek radikal bebas di tubuh, sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan.

4. Baik untuk jantung
Kadar kalium yang tinggi dalam ubi jalar dapat membantu dalam mengatur denyut jantung. Ini juga memperbaiki fungsi otot dan saraf tubuh kita. Magnesium yang ada di dalamnya diperlukan untuk kesehatan arteri dan otot jantung.

5 Manfaat Menakjubkan Ubi Jalar untuk Kesehatan5. Baik untuk imun
Ubi jalar mengandung zat besi tinggi, mineral penting untuk tubuh kita. Ini meningkatkan kapasitas sel untuk membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh kita, serta membantu dalam produksi sel darah putih, bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.