Minggu, 07 Januari 2018 05:00 WITA

5 Hal Ini Kerap Undang Sariawan di Rongga Mulut

Editor: Andi Chaerul Fadli
5 Hal Ini Kerap Undang Sariawan di Rongga Mulut
ilustrasi (int)

RAKYATKU.COM - Sariawan bukanlah penyakit yang bisa menular. Tapi bisa membuat penderitanya tidak nyaman.

Umumnya, sariawan dialami seseorang yang berusia 10 hingga 19 tahun. Biasanya akibat kurang menjaga kebersihan mulut atau adanya kerusakan pada selaput lendir di rongga mulut. 

Tapi, ada hal lain yang kerap menjadi penyebab sariawan, di antaranya:

1. Jamur
Biasanya sariawan ini banyak ditemui pada bayi dan manusia lanjut usia. Bisanya, sariawan ini disebabkan oleh jamur akibat pengunaan antibiotika dalam waktu lama. 

2. Sariawan kambuhan
Bisa dinamai Afte Rekuren dalam dunia medis. Sariawan jenis ini biasa dipicu oleh kekurangan zat besi, vitamin C dan vitamin B12. 

3. Gangguan hormonal
Sariawan juga bisa disebabkan oleh gangguan hormonal, misalnya pada perempuan yang sedang menstruasi. Tentu saja, setiap orang mengalami reaksi berbeda-beda.

4. Sariawan akibat rokok
Biasanya menyerang pada mereka yang mengkonsumsi nikotin terlalu banyak. Penyuka cerutu umumnya rawan dengan jenis sariawan yang satu ini, biasa disebut Stomatitis Nicotina. 

5. Mulut kering
Sariawan cenderung muncul pada mulut kering yang minim saliva. Karena itu, perbanyak mengunyah sayuran segar. Ketika kita mengunyah sayuran segar, akan dibutuhkan banyak saliva sehingga secara otomatis mulut akan memproduksi banyak saliva. Salah satu penyebab mulut kering ialah stress. Jadi saat Anda stress, sebaiknya perbanyak makan sayur dan buah, bukan mengalihkannya ke coklat ataupun es krim dalam jumlah besar