Minggu, 07 Januari 2018 03:00 WITA

Wangi Baju Pasangan Bisa Kurangi Stres

Editor: Andi Chaerul Fadli
Wangi Baju Pasangan Bisa Kurangi Stres
ilustrasi (int)

RAKYATKU.COM - Wangi baju pasangan rupanya bisa mengurangi stres. Studi terbaru menunjukkan, aroma menarik dari pakaian pasangan bisa mengembalikan semangat.

Dari penelitian itu, perempuan diketahui memiliki tingkat stres rendah setelah mencium harum pasangannya. Sementara, di sisi lain, bau orang asing membuat mereka merasa tertekan.

Penemuan terbaru dari para peneliti di University of British Columbia ini mungkin bisa membantu seseorang menjadi rileks, meskipun sang pacar atau suami tidak berada di sampingnya.

“Dengan berkembangnya globalisasi, jumlah orang-orang yang bekerja di luar negeri semakin meningkat. Penelitian kami menunjukkan bahwa cara simpel seperti mencium wangi pakaian pasangan bisa membantu menurunkan tingkat stres, meskipun kita sedang jauh dengan mereka,” papar Frances Chen, peneliti senior, dikutip dari Dailymail.

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa tikus memiliki hormon stres, kortisol, yang lebih rendah ketika berada di dekat tikus lain yang dianggap familiar. Ketika para peneliti menghilangkan aroma dari tikus-tikus tersebut, efek rileksnya juga lenyap.

Manusia pun begitu: bayi menjadi lebih tenang setelah menghirup wangi ibunya. Ia akan menangis jika mencium aroma orang asing.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology menunjukkan, aroma tubuh merupakan bagian dari daya tarik seseorang. Juga bisa memberikan sensasi rasa aman pada perempuan.

Para peneliti memilih melakukan studi ini kepada perempuan karena wangi laki-laki dianggap lebih kuat. Mereka juga menemukan fakta bahwa perempuan memiliki sel penciuman di otak 50% lebih banyak dibanding pria.

Berita Terkait