Sabtu, 06 Januari 2018 17:08 WITA

Tidur Kurang 8 Jam Sehari Dikaitkan Dengan Depresi

Editor: Suriawati
Tidur Kurang 8 Jam Sehari Dikaitkan Dengan Depresi
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa tidur kurang dari delapan jam dikaitkan dengan kecemasan dan depresi.

Menurut penelitian tersebut, penderita insomnia kurang dapat mengatasi pikiran negatif daripada mereka yang mendapatkan cukup tidur.
 
Menurut penulis studi, Profesor Meredith Coles dari Universitas Binghamton, beberapa orang memiliki kecenderungan memiliki pikiran yang terjebak di kepala mereka, dan pemikiran negatif mereka yang tinggi membuat mereka sulit melepaskan diri dari rangsangan negatif.

Tidur Kurang 8 Jam Sehari Dikaitkan Dengan DepresiDalam penelitian ini, peneliti menganalisis 52 orang dewasa dengan 'pemikiran negatif berulang atau RNT. RNT adalah fokus perhatian kompulsif pada pikiran yang menyebabkan kesedihan, kegelisahan dan kesusahan. 

Para peserta penelitian diwawancara untuk menentukan pola tidur mereka. Mereka juga diperlihatkan gambar yang dimaksudkan untuk memicu respons emosional.

Hasilnya menunjukkan bahwa peserta yang melaporkan kurang tidur menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat gambar negatif. Insomnia juga menyebabkan penderitanya tidak dapat melepaskan diri dari gambar negatif yang mereka lihat.

Temuan ini dipublikasikan di Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry.