Sabtu, 06 Januari 2018 15:04 WITA

Tips Mencegah dan Mengobati Gigitan Nyamuk

Editor: Suriawati
Tips Mencegah dan Mengobati Gigitan Nyamuk
INT

RAKYATKU.COM - Selain menyebabkan gatal dan menularkan penyakit, digigit nyamuk juga bisa membuat kulit Anda tidak indah karena meninggalkan bintik-bintik kemerahan.

Pada umumnya, nyamuk kurang aktif di siang hari karena mereka tidak dapat menahan sinar matahari, dan bisa mati karena dehidrasi. Sebaliknya, mereka aktif di malam hari. Itulah sebabnya, kita biasa melihat gigitan nyamuk ketika kita terbangun di pagi hari.

Sebenarnya, kita bisa menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk. Namun, jika Anda terganggu dengan asap atau baunya, Anda bisa menggunakan bahan alami.

Bahan yang Anda butuhkan:
12 tetes minyak peppermint
30 ml minyak kelapa

Caranya:

  • Campur minyak peppermint dengan minyak kelapa.
  • Oleskan campuran ini langsung ke tangan dan kaki Anda.
  • Lakukan ini 2-3 kali sebelum tidur

Minyak peppermint adalah minyak esensial yang dikenal bekerja dengan baik dalam mengusir nyamuk. Ini mengandung senyawa seperti limonene dan mentol yang bisa menjauhkan nyamuk.

Sementara minyak kelapa mengandung asam lemak tak jenuh yang memperlambat penguapan molekul minyak peppermint. Menggabungkannya dengan minyak kelapa bisa meningkatkan potensi Anda terhindar dari nyamuk. 

Tips Mencegah dan Mengobati Gigitan NyamukJika tidak memiliki minyak peppermint, Anda juga bisa menggantinya dengan tea tree oil. Caranya, campur 10 tetes tea tree oil dan 30 ml minyak kelapa, dan oleskan langsung ke area kulit yang terbuka.

Tea tree oil memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang kuat sehingga bisa mencegah dan menyembuhkan gigitan nyamuk dengan cepat. Aromanya yang kuat merupakan faktor lain yang membuat nyamuk menjauhi Anda.