Sabtu, 06 Januari 2018 09:48 WITA

5 Bahaya Mengonsumsi Tahu

Editor: Suriawati
5 Bahaya Mengonsumsi Tahu
INT

RAKYATKU.COM - Tahu adalah varian vegan yang terbuat dari susu kedelai. Meski bahan dasarnya menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan, namun tofu yang telah melewati sedemikian proses diyakini bisa membahayakan kesehatan.

Dilansir dari Boldsky, berikut efek negatif mengonsumsi tahu:

1. Masalah ginjal
Tahu adalah produk makanan yang disiapkan dengan cara memodifikasi kedelai secara genetis, untuk memungkinkannya mendapatkan tekstur, kelembutan dan rasa.

Sejumlah bahan kimia digunakan dalam proses ini, yang dapat menyebabkan bahaya pada kesehatan. Faktanya, penelitian penelitian telah membuktikan bahwa makanan hasil rekayasa genetika seperti tahu dapat menimbulkan ancaman penyakit serius pada ginjal, dan hati.
  
2. Kanker payudara
Karena tahu adalah makanan hasil rekayasa genetika, itu juga dapat menyebabkan penyakit kanker. Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling umum dikaitkan dengan tahu.

Selain itu, tahu juga mengandung fitoestrogen, yang dapat menyebabkan sel kanker abnormal berkembang di payudara dengan kecepatan tinggi.

5 Bahaya Mengonsumsi Tahu3. Menyebabkan hipotiroidisme
Kacang kedelai diketahui mengandung senyawa berbahaya yang dikenal sebagai isoflavone genistein, yang dapat menghambat kelenjar tiroid memproduksi hormon yang cukup, sehingga menyebabkan hipotiroidisme.

4. Menyebabkan kekurangan gizi
Tahu juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai fitat. Ini dapat berbahaya bagi kesehatan karena menghambat jaringan tubuh untuk menyerap nutrisi penting seperti kalsium, zat besi, seng, dan sebagainya, sehingga menyebabkan kekurangan nutrisi. 

5 Bahaya Mengonsumsi Tahu5. Menyebabkan masalah pencernaan
Mengkonsumsi tahu secara teratur, yang tidak dibarengi dengan asupan serat, bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti gastritis, sindrom usus bocor, kembung, dll. Hal itu terjadi karena tahu butuh waktu lebih lama untuk dicerna dan mengandung senyawa tertentu yang menginduksi keasaman.