Sabtu, 06 Januari 2018 09:31 WITA

Konsumsi Telur Asin Ampuh Atasi Gangguan Darah

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Konsumsi Telur Asin Ampuh Atasi Gangguan Darah
Int.

RAKYATKU.COM - Telur asin merupakan kuliner olahan telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. Dibalik rasa nikmatnya, ternyata telur asin ini memiliki sejuta manfaat, termasuk untuk mengatasi gangguan darah, seperti anemia.

Dilansir dari artikel kesehatan dr Dina Kusumawardhani yang dipublikasikan melali Klik Dokter, dijelaskan bahwa saat seseorang menderita anemia defisiensi besi, maka wajib mengonsumsi asupan yang kaya akan zat besi. Nah, di antara semua jenis asupan kaya zat besi, telur asin salah satunya.

Selain itu, berdasarkan penelitian telah dibuktikan bahwa telur asin memiliki efek meredakan peradangan. Di mana peradangan itu sendiri adalah akibat dari anemia yang dapat menurunnya daya tahan tubuh penderitanya.

Adapun manfaat lain telur asin, yakni dari tinggi protein nya kuliner ini bermanfaat dalam menunjang kebugaran tubuh, khususnya otot. Telur Asin juga mengandung antioksidan, yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Dan juga kaya mineral, yang bermanfaat dalam memperkecil risiko terjadinya penyumbatan dan kekakuan pembuluh darah.

Disamping itu, Telur Asin juga mengandung fosfor dan kalsium, yang bagus untuk tulang. dan Vitamin C dan vitamin B12 yang berguna untuk membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Tetapi perlu diperhatikan bahwa telur asin juga mengandung natrium atau garam, yang dapat meningkatkan risiko penyakit tekanan darah tinggi. Telur ini juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi telur asin secara berlebihan dan terus-menerus. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi daging, kacang-kacangan ataupun buah-buahan, yang juga tinggi zat besi.