Jumat, 05 Januari 2018 13:45 WITA

Ini Alasan Kenapa Pekerja Kantoran Rawan Pegal-Pegal

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Ini Alasan Kenapa Pekerja Kantoran Rawan Pegal-Pegal

RAKYATKU.COM - Pekerja kantoran seperti dituntut untuk mengerjakan tugasnya dalam kondisi duduk dan tidak aktif bergerak. Tak heran, pegal-pegal kerap menjadi keluhan yang tidak terelakkan.

Berikut tiga alasan mengapa pekerja kantoran rawal pegal-pegal, yang dikutip dari Klik Dokter:

1. Posisi tubuh yang buruk
Kebiasaan duduk dengan punggung membungkuk, miring ke satu sisi, leher terlalu menunduk dan terkadang lupa untuk melakukan peregangan ringan dapat memicu pegal-pegal. Hal ini terjadi karena posisi-posisi tersebut membuat otot menjadi bekerja lebih keras hingga kelelahan. Akhirnya, pegal-pegal pun tidak dapat dihindari.

2. Stres
Suatu studi yang dilakukan di Hong Kong menyebutkan bahwa pekerja kantoran yang sering stres mengalami peningkatan risiko pegal-pegal sebesar 67%.  Selain itu, pekerja yang harus menghadapi beban pekerjaan berat setiap harinya berisiko 2,5 kali lipat lebih besar untuk mengalami keluhan pegal-pegal maupun nyeri pinggang.

3. Kekurangan cairan
Bekerja di depan komputer selama berjam-jam membutuhkan energi yang tidak sedikit. Jika orang tersebut lupa minum, maka dirinya akan masuk ke tahap kurang cairan.

Kekurangan cairan tubuh, terutama elektrolit, dapat mencetuskan nyeri otot dan pegal-pegal. Bila keadaan ini dikombinasikan dengan postur yang buruk, maka pegal yang dirasakan akan semakin parah.

Untuk itu, bagi Anda yang berprofesi sebagai pekerja kantoran, sebaiknya memosisikan tubuh dengan baik dan benar saat bekerja, relaksasi sejenak agar tidak stres, dan pastikan Anda minum delapan gelas air putih setiap harinya, untuk menghindari pegal-pegal.