Jumat, 05 Januari 2018 12:59 WITA

Cara Jitu Atasi Kulit Belang pada Tangan dan Kaki

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Cara Jitu Atasi Kulit Belang pada Tangan dan Kaki

RAKYATKU.COM - Kulit pada tangan dan kaki sering kali terpapar sinar matahari cukup lama saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Hal ini menyebabkan kulit tangan dan kaki menjadi belang. 

Kulit belang tentu sangat mengganggu penampilan Anda. Berikut cara jitu untuk memulihkan kulit Anda yang dilansir daro Hello Sehat:

1. Eksfoliasi
Eksfoliasi dengan scrub dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami atau dengan produk kecantikan. Cara ini dilakukan untuk mengembalikan warna kulit belang maupun kulit kusam dengan mengangkat sel kulit mati. 

Saat melakukan perawatan ini, Anda harus menghindari sinar matahari sementara saat kulit mengalami proses pengelupasan. Namun, Anda perlu berhati-hati, karena perawatan ini dapat membuat kulit Anda lebih rentan terhadap sinar matahari daripada sebelumnya. Untuk itu, sebelum melakukannya alahkah bainya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit.

2. Gunakan Masker Alami
Selain eksfoliasi, untuk mengembalikan kulit belang pada tangan atau kaki bisa dengan mengguanakan masker. Ada beberapa bahan masker alami yang dapat Anda gunakan, diantaranya kunyit dan teh hitam.

3. Gunakan produk perawatan kulit
America Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan produk yang memiliki kandungan dapat merawat dan meringankan kulit sehingga dapat mengatasi kulit belang, seperti: Vitamin C, Asam Glikolat, Retinoid seperti retinol, tretinoin, gel adapalen, atau tazaroten, dan banyak lainnya.

Bahan-bahan aktif tersebut dapat membantu meringankan bintik cokelat atau kulit gelap dengan cara mengelupas kulit dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Beberapa di antaranya mampu memperlambat produksi melanin. Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda hanya boleh menggunakan satu produk untuk perawatan supaya mencegah terjadinya iritasi atau efek samping.