Kamis, 04 Januari 2018 17:36 WITA

Satu dari Empat Wanita Alami Masalah Mental Selama Hamil

Editor: Suriawati
Satu dari Empat Wanita Alami Masalah Mental Selama Hamil
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini mengungkapkan bahwa satu dari empat wanita menderita masalah kesehatan mental selama kehamilan.

Untuk sampai dapa kesimpulan ini, peneliti melakukan survei pada 545 wanita hamil sejak November 2014 hingga Juni 2016. Mereka diberikan dua pertanyaan tentang suasana hati mereka.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa satu dari empat wanita memiliki masalah kesehatan mental selama kehamilan. 11% mengalami depresi, 15% mengalami kegelisahan, 2% mengalami gangguan makan, dan 2% mengalami gangguan obsesif-kompulsif, dengan banyak juga yang memiliki kombinasi beberapa masalah. 

Peneliti, psikolog klinis Dr Camilla Rosan dari Mental Health Foundation memangatakan bahwa masalah mental ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk trauma masa kecil. "Ini (kehamilan) adalah saat banyak perubahan," katanya.

Satu dari Empat Wanita Alami Masalah Mental Selama Hamil"Ada renegosiasi besar terhadap identitas wanita, cemas tentang ibu macam apa dia, dan kadang-kadang mengaktifkan kembali masalah dari masa kecilnya sendiri. Ini semua adalah pemicu potensial. Trauma lama dan masalah yang sudah ada sebelumnya bisa kembali," katanya.