Kamis, 04 Januari 2018 16:56 WITA

5 Manfaat Menakjubkan Buah Sukun untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
5 Manfaat Menakjubkan Buah Sukun untuk Kesehatan
INT

RAKYATKU.COM - Tahukah Anda bahwa buah sukun dinamai Breadfruit di Eropa? Yah, nama ini diberikat berkat dagingnya yang empuk seperti roti.

Fakta menarik lainnya adalah, sukun mengandung gilai gizi penting, sehingga bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Buah tropis ini mengandung vitamin C, riboflavin, karbohidrat, kalium, thiamin, natrium, kalsium, dan zat besi.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi buah sukun

1. Mencegah kenaikan berat badan
Buah sukun mengandung serat dan karbohidrat yang tinggi. Mengonsumsi buah ini dapat meningkatkan asupan kalori serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah kenaikan berat badan.

2. Baik untuk penderita diabetes
Buah sukun sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, karena kandungan serat dapat mengurangi penyerapan gula oleh tubuh. 

3. Mencegah masalah pencernaan
Serat pada buah sukun juga bisa melancarkan pencernaan, dan mengatasi masalah susah buang air besar. Selain itu, buah ini juga dapat mengeluarkan racun dari usus.

4. Menunjang fungsi otak
Mengonsumsi buah sukun diyakini bisa membantu memperbaiki fungsi otak, berkat kandungan asam lemak omega 3-nya. Jika Anak Anda sedang dalam masa pertumbuhan, disarankan untuk memasukkan sukun dalam menu makanan harian Anda.

5. Bagus untuk kulit
Bukan hanya bagus untuk otak, kandungan omega 3 dalam buah sukun juga sangat bagus untuk kecantikan kulit. Selain itu, buah ini juga kaya dengan kandungan vitamin C, yang membuat kulit lebih kenyal.