Jumat, 29 Desember 2017 11:01 WITA

MSG Aman Kok Dikonsumsi, Ini Faktanya!

Editor: Suriawati
MSG Aman Kok Dikonsumsi, Ini Faktanya!
INT

RAKYATKU.COM - Jika Anda adalah orang yang aktif di media sosial, maka Anda mungkin kerap membaca meme terkait micin atau monosodium glutamate (MSG). Memang terkesan lucu, namun itu secara tidak langsung menyiratkan bahwa micin memiliki sisi negatif. Tapi benarkah demikian?

Ternyata tidak. Faktanya, penyedap rasa ini aman dikonsumsi, dan telah diakui oleh badan dunia yang berkompeten dalam bidang makanan, termasuk organisasi kesehatan dunia (WHO). Di Indonesia sendiri, ini juga telah dinyatakan aman oleh Kementerian Kesehatan serta BPOM RI.

Selain itu, menurut Persatuan Pabrik Monosodium Glutamate dan Glutamic Acid Indonesia (P2MI), micin atau yang juga dikenal dengan sebutan vetsin, aman terbuat dari bahan alami.

loading...

MSG Aman Kok Dikonsumsi, Ini Faktanya!"MSG/Vetsin/Micin terbuat dari tetes tebu, bukan zat kimia yang dibuat melalui proses fermentasi," demikian penjelasan P2MI. Dikatakan juga bahwa penyedap rasa ini mudah larut, dan dapat dimetabolisme dengan baik di dalam tubuh.

Namun, P2MI menekankan bahwa itu harus dikonsumsi secukupnya. "MSG aman dikonsumsi dalam batas secukupnya, dan tidak menimbulkan dampak buruk seperti menyebabkan peningkatan tekanan darah, sakit kepala dan mual."

Loading...
Loading...