Senin, 25 Desember 2017 08:00 WITA

Tips Agar Tetap Sehat saat Libur Akhir Tahun

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tips Agar Tetap Sehat saat Libur Akhir Tahun

RAKYATKU.COM - Tanpa kita sadari, tahun akan kembali berganti. Sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya, kita bisa merasakan libur cukup panjang, khususnya sejak Hari Natal. Banyak orang yang sengaja berlibur ke berbagai tempat di akhir tahun seperti sekarang ini. 

Sayangnya, karena pergantian tahun juga terjadi di tengah-tengah musim hujan, ada baiknya kita menjaga kesehatan dengan lebih baik saat melakukan liburan akhir tahun. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tetap sehat saat melakukannya.

1. Jangan kalap saat makan

Banyak orang yang tidak mampu menjaga pola makannya saat liburan dan cenderung mengkonsumsi apa saja yang mereka temui. Padahal, makan dengan sembarangan bisa memicu masalah kenaikan berat badan atau bahkan gangguan pencernaan, apalagi jika kita mengkonsumsi makanan yang tidakhigienis. Pastikan untuk menjaga asupan serat setiap hari dan mengurangi asupan makanan berlemak.

2. Meski sebentar, sempatkan untuk berolahraga

Meskipun liburan sangat identik dengan waktu untuk bersantai, bukan berarti kita tidak berolahraga. Cobalah untuk lebih banyak berjalan kaki ke berbagai tempat atau berenang jika kita berlibur di pantai. Dengan melakukannya, badan pun akan tetap bugar.

3. Selalu menjaga kebersihan

Karena banyak orang yang juga ingin berlibur, tempat wisata akan dipenuhi dengan banyak orang. Demi menjaga kesehatan dan tidak mudah jatuh sakit, pastikan untuk rajin mencuci tangan dengan sabun, khususnya setelah masuk di toilet umum atau akan makan agar tidak mudah jatuh sakit. Selain itu, rajin-rajinlah mandi dan mengganti baju.

4. Jika perlu, konsumsi vitamin atau suplemen

Tanpa kita sadari, berlibur bisa membuat kita kelelahan. Agar tubuh tetap sehat dan bugar, konsumsilah vitamin atau suplemen yang bisa membantu melawan paparan buruk dari radikal bebas, polusi, dan hal-hal buruk lainnya.

5. Hindari stress

Banyak orang yang justru stress saat liburan, khususnya saat terjebak dalam kemacetan di perjalanan atau kecewa karena tempat wisata yang dituju dipenuhi oleh banyak orang. Cobalah untuk sering-sering menenangkan pikiran dan menarik nafas. Ingat, liburan haruslah membuat kita senang, bukannya bertambah stress.